IHSG Hijau Tipis, Gagal Maning Tembus 6.300! Asing Masuk

Market - Putra, CNBC Indonesia
23 February 2021 15:43
Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/ Tri Susilo) Foto: Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau pada perdagangan Selasa (23/2/21). Indeks acuan bursa nasional tersebut naik tipis 0,28% ke 6.272,80.

Nilai transaksi hari ini sebesar sebesar Rp 12,9 triliun dan terpantau investor asing membeli bersih Rp 505 miliar di pasar reguler. 234 saham terapresiasi, 248 terkoreksi, sisanya 154 stagnan.

Asing melakukan pembelian di saham PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) sebesar Rp 609 miliar dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Rp 42 miliar.


Sedangkan jual bersih dilakukan asing di saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang dilego Rp 126 miliar dan PT Astra Internasional Tbk (ASII) yang dijual Rp 43 miliar.

Dari pasar global, Pemerintah AS masih terus berupaya untuk menggelontorkan stimulus fiskal bernilai jumbo. Kombinasi Presiden AS Joe Biden dan Menkeu AS Janet Yellen dinilai mampu untuk membawa perekonomian terbesar di dunia tersebut pada pemulihan dengan ditopang oleh bantuan fiskal senilai US$ 1,9 triliun.

Dari sisi moneter, bos bank sentral AS, The Fed yakni Jerome Powell juga berulang kali menegaskan bahwa pengetatan moneter adalah hal yang prematur untuk dilakukan saat ini. Tapering belum akan dilakukan dan suku bunga tak akan dinaikkan setidaknya untuk kurun waktu dua tahun ke depan.

Era suku bunga rendah dan likuiditas yang berlimpah memang saat yang tepat untuk berinvestasi ke aset-aset berisiko seperti saham. Hal inilah yang membuat harga saham-saham di berbagai negara tak terkecuali Indonesia berangsur-angsur pulih.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading