Terkuak! Selain MEGA, Grup Salim juga Cuan di Saham-saham Ini

Market - Aldo Fernando, CNBC Indonesia
22 February 2021 14:39
Axton Salim. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Grup Salim adalah salah satu konglomerasi bisnis di Tanah Air yang berinvestasi di sejumlah sektor baik konsumer, otomotif, hingga jasa keuangan termasuk perbankan.

Grup bisnis yang didirikan pada 4 Oktober 1972 oleh Sudono Salim atau Liem Sioe Liong ini sempat memiliki bank besar di Tanah Air. Tapi selama krisis ekonomi 1997 hingga 1998, Salim terpaksa menjual saham mayoritasnya di PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) kepada Grup Djarum milik keluarga Hartono, orang terkaya di Indonesia.

Bank BCA kini menjelma menjadi bank dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yakni Rp 843 triliun hingga perdagangan sesi I, Senin ini (22/2/2021).


Kini, Salim yang dinahkodai generasi kedua Anthoni Salim dan generasi ketiga Axton Salim ini kembali membidik saham-saham perbankan nasional.

Melalui anak usaha dana pensiunnya, PT Indolife Pensiontama, mereka sudah resmi memiliki 422,81 juta saham atau setara dengan 6,07% dari total jumlah saham beredar di PT Bank Mega Tbk (MEGA) sejak Desember tahun lalu.

Di bank yang masuk Grup CT Corp milik Chairul Tanjung ini, valuasi saham Grup Salim yakni sebesar Rp 4,48 triliun apabila mengacu pada harga saham MEGA di penutupan sesi I Senin ini di level Rp 10.600/saham.

Menariknya, ternyata, selain MEGA, Grup Salim melalui Indolife Pensiontama juga masuk ke beberapa emiten lainnya.

NEXT: Berikut datanya saham Grup Salim via Indolife

Deretan Investasi Salim via Indolife
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading