DP Kredit Mobil-KPR 0%, Emiten Otomotif & Properti Juara?

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
20 February 2021 15:41
Ilustrasi IHSG (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik tipis 0,15% sepanjang pekan ini. Penguatan tersebut terbilang tipis mengingat banyak sentimen postif dari dalam negeri.

Pemerintah mengeluarkan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sektor otomotif selama 2021 dan akan mulai berlaku pada 1 Maret mendatang.

Kemudian Bank Indonesia (BI) memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 3,5%.


Selain itu, BI melonggarkan aturan Loan to Value (LTV) untuk kredit kendaraan bermotor yang menggunakan fasilitas bank. Kini membeli mobil melalui KKB atau Kredit Kendaraan Bermotor bisa tanpa DP alias Down Payment.

BI juga memutuskan untuk membebaskan uang muka bagi Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Aturan ini berlaku mulai 1 Maret hingga 31 Desember 2021.

Namun, kebijakan pemerintah dan BI tersebut tidak serta merta membuat saham-saham sektor otomotif dan properti melesat di pekan ini. Saham sektor finansial yang menjadi juaranya.

PT Bank Bumi Arta Tbk. (BNBA) menjadi top gainer di pekan ini. Harga sahamnya melesat lebih dari 128% ke Rp 1.370/saham.

Penguatan saham BNBA ini terjadi di tengah kabar pasar menyebutkan bahwa Sea Group, induk perusahaan e-commerce Shopee yang berbasis di Singapura, diisukan tertarik mencaplok Bank Bumi Arta dan PT Bank Capital Tbk (BACA) untuk ekspansi ke bisnis bank digital.

Kabar ini telah membuat saham BNBA melesat terus. Akibat kenaikan tajam yang terjadi, saham BNBA sempat disuspensi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari Kamis lalu, sebelum dibuka lagi sehari setelahnya.

Namun manajemen BNBA menegaskan perseroan belum memiliki rencana untuk melakukan tindakan korporasi dalam waktu dekat termasuk rencana korporasi yang akan berakibat terhadap pencatatan saham perseroan di bursa paling tidak dalam 3 bulan mendatang.

Sehari perdagangan BNBA dihentikan sementara, suspensi juga dilakukan pada saham PT Bank Net Indonesia Syariah Tbk. (BANK), yang sepanjang pekan ini menguat 69,61% dan berada di urutan ketiga kinerja terbaik, di bawah PT Indointernet Tbk (EDGE) yang menguat 92,61%.

Di posisi ke-empat dan kelima ada top gainer pekan ini ada PT MNC Land Tbk (KPIG), dan PT Mahaka Radio Integra Tbk. (MARI) yang menguat masing-masing dan 56,55 dan 45,76%. 

Sementara itu top loser, ada PT Planet Properindo Jaya Tbk. (PLAN) yang sahamnya merosot 33,5%. Kemudian di urutan kedua ada PT Wahana Interfood Nusantara Tbk. (COCO) yang turun 29,02%.

Berikut 5 emiten yang mengalami penurunan paling tajam pekan ini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Reli Saham Properti, Diam-diam Asing Mulai Masuk


(pap/pap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading