Indo Tambangraya Gandeng Investor Jepang-Swiss, Garap Apa ya?

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
19 February 2021 18:10
Dok Hitachi ABB

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan tambang batu bara PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) menggandeng PT ABB Power Grids Indonesia, perusahaan patungan Hitachi dan ABB Ltd, untuk menggarap mikrogrid pertama di Indonesia.

Dengan adanya mikrogrid ini akan memastikan pasokan listrik yang berkelanjutan untuk operasi penambangan off-grid di fasilitas anak usaha ITMG yakni Indominco Mandiri (IMM) di Bontang, Kalimantan Timur.

Dalam pernyataan resminya, manajemen ABB Power menjelaskan bahwa mikrogrid ini memanfaatkan tenaga surya untuk membantu mengurangi jejak karbon tambang dari ITMG yang notabene menjadi salah satu tonggak penting dalam komitmen perusahaan tersebut untuk mengurangi emisi karbon, sekaligus mengurangi biaya operasional.


Sistem ini diproyeksikan menghasilkan 230 Megawatt hour (MWh) energi dari sel surya (Photovoltaic, PV) setiap tahun, sehingga dapat mengurangi emisi CO2 sebesar 192 ton.

Presiden Direktur ITMG Mulianto mengatakan bahwa perusahaan sangat senang melihat proyek tersebut telah beroperasi sepenuhnya pada tahun 2020.

"Jika ini mencapai kinerja yang diharapkan, kami berharap dapat mereplikasi proyek tersebut di lokasi kami yang lain," katanya, dalam keterangan resmi di situs ABB Power, dikutip Jumat (19/2/2021).

Proyek ini telah berhasil mengintegrasikan pembangkit tenaga surya ke dalam jaringan listrik milik IMM sejak beroperasi 2019, menstabilkan dan meningkatkan efisiensi energi dengan portofolio solusi grid edge, e-meshTM, termasuk sistem penyimpanan energi atau energy storage berbasis baterai lithium, PowerStoreTM (BESS) dan sistem kontrol untuk otomasi jaringan.

IMM memiliki operasi penambangan berskala besar di Bontang, Kalimantan Timur dengan lebih dari 600 karyawan dan menghasilkan sekitar 12,5 juta ton batu bara setiap tahun.

"Proyek ini menunjukkan bagaimana keberhasilan integrasi pembangkit tenaga surya dengan PowerStoreTM Battery secara signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi karbon untuk mendorong efisiensi energi dan pertumbuhan yang berkelanjutan," ungkap Massimo Danieli, Managing Director Grid Automation, Hitachi ABB Power Grids.

ABB Power Grids Indonesia adalah perusahaan afiliasi dari Hitachi ABB Power Grids Ltd. Pada 17 Desember 2018, Hitachi Ltd. dan ABB Ltd (tercatat di bursa NYSE dengan kode saham ABB) asal Swiss-Swedia mengumumkan pendirian Hitachi ABB Power Grids Ltd.

Hitachi memegang 80,1% saham dari perusahaan patungan ini, yang volume bisnisnya mencapai kurang lebih US$ 10 miliar, sementara sisa saham milik ABB.

Per September 2020, ITMG mencatat laba bersih senilai US$ 39,98 juta, turun hingga 60,5% dari laba bersih ITMG di periode sama tahun 2019 yang mencapai US$ 101,21 juta.

Penurunan laba bersih ini seiring dengan dengan pendapatan ITMG yang turun hingga 33,17% menjadi US$ 871,88 juta dari sebelumnya US$ 1,30 miliar.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading