Klasemen Sementara Sesi 1, IHSG Belum Mampu Jebol 6.300

Market - Putra, CNBC Indonesia
16 February 2021 12:00
Ilustrasi IHSG (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia-Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau pada perdagangan sesi pertama Selasa (16/2/21). Indeks acuan bursa nasional tersebut ditutup menguat 0,31% ke 6.289,57. Sedikit di bawah level 6.300.

Nilai transaksi siang ini sebesar sebesar Rp 7,9 triliun dan terpantau investor asing menjual bersih Rp 103 miliar di pasar reguler.

Data BEI mencatat, asing melakukan pembelian di saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) sebesar Rp 23 miliar dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Rp 27 miliar.


Sedangkan jual bersih dilakukan asing di saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang dilego Rp 33 miliar dan PT Astra Internasional Tbk (ASII) yang dijual Rp 29 miliar.

Sentimen dari global masih terkait dengan stimulus fiskal corona di AS senilai US$ 1,9 triliun. Presiden AS Joe Biden meminta bantuan dari kelompok bipartisan pejabat lokal walikota dan gubernur untuk rencana bantuan virus corona senilai 1,9 triliun dolar AS.

"Kubu Partai Demokrat di Kongres Amerika juga bergerak cepat untuk mendorong paket bantuan Covid-19 senilai 1,9 triliun dolar AS yang diusulkan Presiden Joe Biden," ujarnya, Senin (15/2/2021).

Lolosnya paket stimulus fiskal AS tersebut dinilai sangat penting karena Menteri Keuangan AS Jannet Yellen berpendapat lapangan kerja AS masih akan sulit jika perekonomian belum pulih tanpa dukungan paket bantuan pandemi.

Sementara itu, kabar dari Presiden Biden yang juga memborong vaksin masih menjadi sentimen untuk hari ini, di mana pada pekan lalu, Biden telah meneken kesepakatan pembelian 200 juta dosis vaksin Covid-19 dari Moderna dan Pfizer, sehingga total dosis vaksin yang dimiliki Negara Adidaya itu mencapai 600 juta.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading