Bukopin Bantah Rumor Kookmin Akan Caplok BFI Finance

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
15 February 2021 18:20
Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A. Purwantono

Jakarta, CNBC Indonesia- Direktur Utama Bank KB Bukopin, Rivan Achmad Purwantono membantah kabar bahwa induk usaha KB Kookmin akan mencaplok salah satu perusahaan multifinance, PT BFI Finance Tbk (BFIN).

Pasalnya, setelah menjadi pemegang saham pengendali PT Bank Bukopin Tbk (BBKP), Kookmin juga telah memiliki dua perusahaan multifinance di Indonesia yakni BUFIN (Bukopin Finance) dan Kredit Plus.

"Sampai saat ini tidak ada rencana seperti rumor tersebut. Apalagi Kookmin Group telah memiliki dua multifinance. Salah satunya BUFIN (Bukopin Finance) yang merupakan anak usaha Bukopin," kata Rivan, Senin (15/02/2021).


Adapun multifinance yang sudah diakuisisi langsung oleh Kookmin Group adalah Kredit Plus. Rivan menegaskan, rumor yang mengatakan Kookmin akan mencaplok BFI Finance tidaklah benar.

"Perusahaan multifinance satu lagi adalah Kredit Plus, yang diakuisisi langsung oleh Kookmin," kata Rivan.

Saat ini dengan dukungan Kookmin sebagai pemegang saham pengendali, KB Bukopin tengah melakukan tranformasi besar-besaran khususnya untuk digitalisasi perbankan. Dengan dukungan penuh Kookmin, perusahaan juga telah menyiapkan berbagai strategi untuk memperkuat fundamental bisnis.

Sebelumnya beredar kabar bahwa Kookmin Bank dikabarkan masih akan mengincar salah satu lembaga keuangan Indonesia. Kali ini Kookmin, berdasarkan informasi dari kalangan pelaku pasar yang mengetahui transaksi ini, akan mencaplok BFI.

Kabar tersebut mengemuka di kalangan pasar sejak akhir pekan lalu, tetapi belum ditetapkan berapa porsi saham yang rencananya akan diakuisisi oleh Kookmin Bank. CNBC Indonesia mengklarifikasi rumor tersebut kepada manajemen BFIN. Direktur BFIN, Sudjono, enggan menjelaskan perihal hal ini.

"Sorry, saya no comment untuk berita ini ya, Musti cek ke pemegang saham" katanya kepada CNBC Indonesia, Senin (15/2/2021).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kookmin Digugat Bosowa, Transformasi Bukopin Jalan Terus


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading