Pasca Rebranding, KB Bukopin Target Masuk Top 10 Bank di RI

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
10 March 2021 18:00
Peluncuran Logo dan Nama Baru PT Bank KB Bukopin di Four Season Jakarta. (CNBC Indonesia/Yuni A)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Bukopin yang telah resmi berganti nama menjadi Bank KB Bukopin menargetkan bisa menjadi top 10 bank di Indonesia dan menjadi pemain digital utama bagi bisnis retail dan UMKM.

"Kookmin Bank Financial Group adalah salah satu Top 10 Asian Leading Financial, kami berkolaborasi dan ingin 5 tahun mendatang KB Bukopin masuk ke dalam Top 10 bank ternama di Indonesia dimana goals kami mencapai 10% ROE dan juga fokus pada SME dan retail," ujar Chief Strategic Officer, Ji Kyu Jang saat konferensi pers peluncuran Logo dan Nama Baru PT Bank KB Bukopin di Four Season Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Selanjutnya dia menjelaskan, perubahan logo ini akan membuat KB Bukopin semakin menguatkan digitalisasi perbankan. Apalagi KB Kookmin menurutnya telah menginvestasikan lebih dari US$ 1 miliar di Korea untuk pengembangan digital banking.


"Kami hadirkan digital tersebut ke Indonesia. Terutama yang kami cari tidak hanya bank, keamanan, asuransi, dan asuransi non-jiwa. Kami mencoba untuk merencanakan menyiapkan pertumbuhan keuangan inti perbankan digital," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank KB Bukopin Rivan A Purwantono menjelaskan dengan akuisisi yang dilakukan serta perubahan logo, ada target-target yang akan dicapai tahun ini.

"DPK targetnya tumbuh 20%. Sementara untuk kredit 6-7%. Secara finansial seperti itu. Kita ketahui bahwa pertumbuhan ini diharapkan akan mempengaruhi kinerja KB Bukopin akan semakin baik," tegasnya.

Saat ini telah dilakukan proses transformasi yang meliputi 6 aspek utama meliputi Good Bank (Mendirikan Grup Korean-link baru untuk memanfaatkan jaringan KB di Indonesia), Bad Bank (Mendirikan Grup untuk mengelola Aset tidak berkualitas), Proses Kredit, Standar Akuntansi Internasional, Manajemen SDM, dan Rebranding identitas Perseroan.

Sebelumnya pada (23/2/2021) KB Bukopin telah melaksanakan kewajiban atas perizinan perubahan identitas baru. Secara keseluruhan proses rebranding identitas telah dilaksanakan sejak Juli 2020, pasca KB Kookmin Bank menjadi Pemegang Saham Utama KB Bukopin.

"Inilah tanda bahwa komitmen KB Kookmin Bank dan KB FG turut serta mengawal KB Bukopin menjadi bank baru menjadi harapan baru, spirit baru," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading