Bos Pertamina Mau IPO-kan Anak Usaha, Simak Respons Ahok!

Market - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
05 February 2021 10:23
Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahja Purnama, Ahok berbincang dengan Menteri BUMN Erick Thohir di acara Peresmian Implementasi Program Biodiesel 30% (B30) di SPBU MT Haryono.  (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero) menargetkan salah satu unit usahanya untuk melantai di bursa atau melakukan penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/ IPO) antara kuartal ketiga atau kuartal keempat 2021.

Rencana IPO ini pun mendapatkan restu dari Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Dari pihak komisaris menurutnya memberikan dukungan atas keputusan yang diambil oleh pemegang saham dan direksi Pertamina.


"Kami mendukung keputusan pemegang saham dan direksi [untuk IPO unit usaha]," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Jumat, (04/02/2021).

Namun sayangnya terkait unit usaha apa yang bakal di IPO-kan, Ahok belum bersedia memberitahu dan meminta bertanya ke pihak direksi Pertamina.

"Hubungi direksi saja," imbuhnya.

Sebelumnya, rencana IPO ini disampaikan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam acara "Energy Outlook 2021: Bedah Nasib Sektor Energi di Tengah Ketidakpastian", yang digelar CNBC Indonesia, Kamis (04/02/2021).

"Di Q3-Q4 akan IPO salah satu unit bisnis kami, sehingga bisa meningkatkan transparansi unit usaha Pertamina ke depan," tutur Nicke.

Namun Nicke juga belum menyampaikan unit usaha mana yang bakal melantai ke bursa saham tahun ini. Wacana IPO anak usaha Pertamina sudah mengemuka sejak tahun lalu, saat rapat kerja antara Pertamina dengan parlemen.

Saat itu, Nicke mengatakan rencana tersebut masih wacana. "Rencana IPO ini masih dalam tahap kajian, dan belum bisa membahasnya dengan detail," ungkapnya dalam rapat di Komisi VII, Senin (29/6/2020).

Nicke menegaskan bahwa IPO memang adalah salah satu cara untuk mencari pendanaan. Namun fokus Pertamina saat ini adalah membangun subholding,membangun infrastruktur energi agar penyediaan energi di dalam negeri bisa optimal.

"Teknologi dan infra kita bangun supaya bisa local resources itu kuat. Bangun itu kan butuh dana," papar Nicke.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading