'Revolusi Redditt' Kian Berlalu, Dow Futures Lanjut Menguat

Market - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
03 February 2021 18:54
Trader Gregory Rowe works on the floor of the New York Stock Exchange, Monday, Aug. 5, 2019. Stocks plunged on Wall Street Monday on worries about how much President Donald Trump's escalating trade war with China will damage the economy. (AP Photo/Richard Drew)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kontrak berjangka (futures) indeks bursa Amerika Serikat (AS) menguat pada perdagangan Rabu (3/2/2021), setelah fenomena Revolusi Reddit yakni perlawanan investor ritel terhadap hedge funds pelaku jual kosong (short selling) mengabur.

Kontrak futures indeks Dow Jones Industrial Average menguat, mengimplikasikan indeks acuan bursa AS itu bakal dibuka naik lebih dari 60 poin. Kontrak serupa indeks S&P 500 dan Nasdaq juga bergerak positif.

Kuatnya kinerja keuangan emiten AS juga membantu memperkuat sentimen positif, seperti saham Amazon dan Alphabet (induk usaha Google) yang menguat di sesi pasca-penutupan, masing-masing sebesar 0,3% dan 7%.


Amazon melaporkan lonjakan laba bersih hingga 2 kali di atas proyeksi pelaku pasar, sementara Alphabet mencetak pertumbuhan pendapatan sebesar 23% dan melampaui estimasi pasar. Emiten lain yang akan merilis kinerja adalah Qualcomm, GlaxoSmithKline, eBay, dan PayPal.

Pada Selasa, indeks Dow Jones Industrial Average naik lebih dari 475 poin, atau yang terbaik sejak November 2020. Sepanjang pekan berjalan, indeks berisi 30 saham AS dengan kapitalisasi pasar terbesar ini telah menguat 2,35%. Sementara itu, indeks S&P 500 naik 1,4% sedangkan Nasdaq melompat lebih dari 1,5%.

Saham GameStop yang menjadi ajang perlawanan investor ritel terhadap hedge fund pelaku jual kosong (short selling) anjlok 70% sepanjang pekan berjalan. Namun di sasi pra-pembukaan, saham GameStop dan AMC Entertainment justru menguat.

Short selling adalah transaksi di mana investor melakukan penjualan saham yang tak dimiliki. Dia meminjam saham dari sekuritas dan menjualnya sekarang, untuk dibeli ketika sahamnya ambruk ke depan dan mengembalikannya ke sekuritas dengan nilai lebih kecil.

"Cara terbaik mendeksripsikan aksi di pasar saham hari ini adalah 'membalik revolusi Reddit'," tutur Jim Paulsen, Kepala Perencana Investasi Leuthold Group, kepada CNBC International. Jika pada akhir Januari saham siklikal dan teknologi tertekan, kini "kondisinya dibalik."

Investor juga bakal memantau negosiasi paket stimulus di Washington. Presiden AS Joe Biden bertemu dengan 10 senator dari Partai Republik untuk membahas paket stimulus yang lebih ramping ketimbang usulan Biden sebesar US$ 1,9 triliun.

Demikian juga data penggajian swasta per Januari versi ADP. Ekonom dalam polling Dow Jones memperkirakan sektor swasta mencetak 50.000 lapangan kerja pada Januari, atau berbalik dari posisi Desember yang kehilangan lapangan kerja hingga 123.000 pos.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(ags/ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading