Sah! Chairul Tanjung jadi Pemilik Baru Bank Harda

Market - Tri Putra, CNBC Indonesia
02 February 2021 16:40
Bank Harda Internasional  (bankbhi.co.id)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aksi korporasi yang dilakukan PT Mega Corpora yang mengakuisisi PT Bank Harda Internasional Tbk (BBHI) mendapat restu pemegang saham yang diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BBHI yang diadakan pada 29 Januari 2021.

RUPSLB juga memenuhi kuorum karena dihadiri oleh pemegang saham yang mewakili 4.103.268.200 saham atau 98,06% dari seluruh saham.

Dalam keterangan yang disampaikan melalui keterbukaan informasi, terdapat tiga mata acara RUPSLB yang semunya disetujui 100% oleh para pemegang saham.


Pertama, pemegang saham setuju terhadap pengambilalihan PT Mega Corpora atas 3.084.461.000 saham atau sekitar 73,71% dari jumlah saham yang ditempatkan dan disetor dalam Perseroan dari PT Hakimputra Perkasa.

Kedua, di mata acara kedua para pemegang saham juga menyetujui Perubahan Anggaran Dasar Perseroan dan menyusun kembali seluruh ketentuan dalam Anggaran Dasar tersebut.

Ketiga, para pemegang saham menyetujui pengangkatan saudara Yohanes sebagai Direktur Utama Perseroan dan pengangkatan saudara Arief Tendeas dan saudara Ari Yanuanto Asah sebagai anggota Direksi Perseroan, serta pemberhentian dengan hormat saudara Yohanes Sutanto, sehingga susunan pengurus Perseroan berubah menjadi sebagai berikut:

Direksi:

  • Direktur Utama : Yohanes
  • Direktur : Harry Abbas
  • Direktur : Arief Tandeas
  • Direktur : Ari Yanuanto Asah

Dewan Komisaris:

  • Komisaris : Novita Hakim
  • Komisaris Independen : Drs. Robertus Soedaryatmo Yosowidagdo
  • Komisaris Independen : Hertanto Tjahyasurya

Sebagaimana diketahui, awal November, pengusaha nasional Chairul Tanjung melalui Mega Corpora mengumumkan rencana akuisisi BBHI.

Dalam akuisisi ini, pemegang saham BBHI yakni PT Hakimputra Perkasa menjual 3,08 miliar saham atau 73,71% saham ke Mega Corpora. Pada keterbukaan informasi yang disampaikan ke BEI, disebutkan Mega Corpora akan menjadi pihak yang akan mengambil alih.

Kedepanya dibawah kendali Mega Corpora, Bank Harda disebut-sebut akan menjadi bank digital yang akan menaungi ekosistim bisnis CT Group.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading