Transaksi Rekor Rp 28 T, Cek Saham-saham Prospek Cuan Ini!

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
15 January 2021 08:16
Ilustrasi IHSG (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada perdagangan Kamis kemarin (14/1/2021) sebesar 1,10% ke level 6.428,31 poin setelah beberapa hari sebelumnya mencetak reli.

Data perdagangan mencatat, kemarin IHSG mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp 28,23 triliun yang mencapai rekor, dengan frekuensi sebanyak 2 juta kali.

Pelaku pasar asing juga memborong saham dengan melakukan beli bersih Rp 2,96 triliun (termasuk transaksi nego). Ini artinya, baru dua pekan, bursa saham Indonesia sudah diborong net buy investor asing sebesar Rp 10,52 triliun.


Saham-saham yang banyak diperdagangkan antara lain, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Soho Global Health Tbk (SOHO), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) hingga PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Sebelum memulai perdagangan Jumat (15/1/2020), simak rekomendasi saham pilihan dari sejumlah broker yang dirangkum CNBC Indonesia:

MNC Sekuritas - Dow Jones Tertekan

Peningkatan klaim tunjangan pengangguran di AS lebih dari yang diharapkan minggu lalu menjadi faktor yang menyebabkan indeks Dow Jones (DJIA) di bursa Wall Street kembali tertekan di hari ke 2 sebesar -0.22%. Jika dikombinasikan dengan turunnya harga CPO sebesar -4.30% dan kembali turunnya emas -0.10% di tengah minimnya sentimen positif dari dalam negeri, ini menjadi faktor negatif penggerak IHSG Jumat ini.

Saham pilihan:

JPFA

TINS

PGAS

HRUM

Samuel Sekuritas - Konsolidasi Sejenak Usai Reli

Setelah sebelumnya mencetak reli berturut-turut, IHSG akhirnya terkoreksi Kamis kemarin. Namun demikian, Samuel memperkirakan, IHSG masih bisa melanjutkan pola uptrend imbas dari January effect dan potensial akan uji level resistence (batsa atas) 6.600. Konsolidasi sementara terbentuk di tengah minimnya sentimen kuat penggerak pasar.

Saham pilihan:

TKIM

INKP

PGAS

TINS

Binaartha Sekuritas - IHSG Berpotensi Rebound

Berdasarkan rasio fibonacci, level support (batas bawah) maupun resistance berada pada 6.366,09 hingga 6.463,88. Sementara itu, berdasarkan indikator, MACD, stokastik, dan RSI, pergerakan IHSG masih menunjukkan sinyal positif. Binaartha menyebut, bursa saham domestik masih memperlihatkan pola inside bar yang mengindikasikan adanya potensi rebound pada pergerakan IHSG hari ini.

Saham pilihan:

UNVR

BBCA

BWPT

SMRA

BNI Sekuritas - Peluang Konsolidasi IHSG

IHSG menunjukkan momentum bullish, didukung Stochastic overbought, candle doji, MACD bullish. Fase akumulasi dan trend bullish, selama di atas 5.853, tren volume meningkat, penutupan di atas 6.373 (5 Day MA). Jika closed di bawah 5.853, IHSG berpeluang menuju target 5.710/5.563. Jika masih di tutup di atas 5.853 berpeluang menuju 6.104 DONE/6.195 DONE/6.300 DONE/6.424 DONE/6.500.

Saham pilihan:

KRAS

BBCA

JPFA

WSBP


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading