Broker Asing Ramal IHSG Tahun Ini Bakal ke 6.900

Market - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 January 2021 09:15
Presiden Joko Widodo resmi menutup perdagangan bursa tahun 2017 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (29/12/2017). Perdagangan bursa ditutup menguat pada angka 6,355

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Maybank Kim Eng Sekuritas memproyeksikan indeks harga saham gabungan (IHSG) di akhir tahun 2021 dapat menyentuh level 6.900.

Direktur Utama PT Maybank Kim Eng Sekuritas, Wilianto Ie mengatakan, pertimbangan pertumbuhan IHSG di tahun 2021 antara lain karena sudah adanya vaksin virus corona.

"Jadi kalau menurut kita maka IHSG itu kita expect ada di 6.900 pada akhir tahun dan masih akan terus tinggi lagi di tahun 2022. Pemicunya adalah karena ada vaksin ini bukan hanya di Indonesia saja tapi di seluruh dunia perekonomian akan kembali pulih," kata Wilianto Lee dalam program acara Investime di CNBC Indonesia, Senin, 11 Januari 2021.


Dia menyebut potensi itu juga dipengaruhi pengesahannya Undang Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law. Serta harapan adanya investor asing yang tadinya keluar saat pandemi kini akan kembali melakukan investasi di Indonesia.

Selanjutnya pada saat yang sama, investor ritel, investor institusi sudah banyak melakukan investasi kembali.

"Jadi kita melihat ini akan memberikan dorongan yang kuat untuk IHSG itu bisa melampaui 6.400 untuk 2021," papar dia.

Kendati demikian, Lee mengingatkan bahwa bukan berarti indeks akan naik rulus menuju 6.900. Kemungkinan ditengah jalan akan ada koreksi.

Berbicara target di awal bulan ini, Lee memprediksi bahwa IHSG akan berhenti di level 6.500 ditengah dinamika pandemi. Namun koreksinya hanya sekitar 5-10 persen.

"Menurut saya di level 6.500 market akan berhenti dulu tapi koreksinya tidak terlalu dalam mungkin 5-10 persen. Jadi perjalanan indeks ini juga akan melihat setelah minggu depan ini Presiden Jokowi mulai di vaksinasi dan para investor yang melihat seberapa lancar program vaksinasi sehingga kita bisa mengatakan kita itu sudah aman dalam sebuah negara," ungkap Lee.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading