Fitch Ganjar Peringkat BBB untuk SBN dalam Dolar AS dan Euro

Market - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
05 January 2021 18:57
fitch ratings

Jakarta, CNBC Indonesia - Fitch Ratings memberikan peringkat BBB untuk surat utang Indonesia berdenominasi dolar dan euro. Dana hasil obligasi tersebut akan digunakan untuk membiayai APBN, termasuk untuk biaya penanganan pandemi.

Peringkat itu sejalan dengan peringkat utang jangka panjang kurs rupiah yang mendapatkan outlook stabil, yang diberikan pada Agustus 2020. Peringkat obligasi tersebut terhitung sensitif terhadap perubahan peringkat rupiah.

Beberapa faktor positif di balik pemberian rating tersebut adalah pembiayaan eksternal, berupa kerentanan eksternal melalui peningkatan cadangan devisa, berkurangnya ketergantungan pada aliran dana portofolio serta menurunnya eksposur terhadap volatilitas harga komoditas.


Selanjutnya, pembiayaan fiskal berupa membaiknya rasio penerimaan negara dalam beberapa tahun ke depan, berkat kepatuhan pajak dan meluasnya basis perpajakan yang bisa memperkuat fleksibilitas pembiayaan publik.

"Secara struktural, juga terdapat perbaikan indikator seperti standard tata kelola dan pemerintahan yang mendekati negara lain yang mendapatkan peringkat serupa," demikian tulis Fitch dalam rilisnya pada Selasa (5/1/2021) tersebut.

Sebaliknya, faktor yang bisa memicu penurunan peringkat adalah pembiayaan eksternal berupa penurunan berkelanjutan penyangga cadangan devisa nasional yang dipicu oleh memburuknya kepercayaan investor.

Berlanjutnya kenaikan utang publik secara umum dalam beberapa tahun ke depan menuju level yang melampaui perkiraan, misalnya dipicu oleh kegagalan mengurangi defisit fiskal kembali ke level sebelum krisis pandemi atau membengkaknya utang pemerintah dan swasta.

Secara makroekonomi, Fitch juga menilai ada risiko berupa pelemahan kerangka kebijakan yang diperlukan untuk menjaga stabilitas makro, misalnya berasal dari berlanjutnya dukungan pembiayaan moneter untuk menutup defisit APBN dalam beberapa tahun ke depan.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(ags/ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading