Emiten EBT Ini Dapat Kredit Rp 424 M dari Mandiri, Bikin PLTA

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
28 December 2020 17:55
PLTA LAMAJAN (CNBC Indonesia/Yuni Astutik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten energi baru terbarukan, PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN), mendapat fasilitas pendanaan bank untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) senilai US$ 30 juta atau setara Rp 424 miliar dengan asumsi kurs Rupiah 14.140 per US$.

Corporate Secretary KEEN, Dian Rachmandani dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia menyampaikan, pinjaman tersebut diperoleh dari kredit investasi non revolving PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) pada 23 Desember 2020 melalui entitas anak perseroan, PT Energy Sakti Sentosa.

Tujuan penggunaan dana tersebut untuk membiayai PLTA di Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara dengan kapasitas 3x6 megawatt beserta infrastruktur, sarana dan prasarana, mesin dan peralatan lainnya.


Penarikan kredit tersebut nantinya pindah buku secara sekaligus atau bertahap ke Energy Sakti Sentosa. "Tidak ada dampak yang material yang merugikan terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha perseroan.

Sekadar informasi, saat ini perseroan merupakan perusahaan murni bergerak di bisnis energi baru terbarukan (EBT) untuk kebutuhan industri dan rumah tangga.

Kencana Energy telah mengoperasikan hydropower plant di Sumatera Utara yaitu PLTA Pakkat melalui PT Energi Sakti Sentosa dan hydropower plant di Bengkulu yaitu PLTA Air Putih melalui PT Bangun Tirta Lestari. Perseroan juga tengah melakukan proses pengembangan PLTMH Madong di Toraja Utara.

Perusahaan dengan kode saham KEEN tersebut, saat ini memiliki 3 kesepakatan dengan PT PLN (Persero), yang masing-masing dijalankan oleh PT Energi Sakti Sentosa (ESS) sebesar 18 MW, PT Bangun Tirta Lestari (BTL) sebesar 21 MW, dan PT Nagata Dinamika Hidro Madong sebesar 10MW.

ESS mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2016, sedangkan BTL direncanakan mulai beroperasi pada kuartal ketiga tahun 2019.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading