Dapat Wejangan Jokowi, Pahala Siap Geber Transformasi BUMN

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
23 December 2020 12:25
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pahala Nugraha Mansyury (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Menteri (Wamen) BUMN yang baru dilantik Rabu ini (23/12), Pahala N Mansury mengatakan akan fokus pada upaya perusahaan BUMN untuk terus melakukan transformasi bisnis sehingga bisa menciptakan nilai yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pahala, bersama empat wamen lainnya, dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu ini, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) 76/M Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019 - 2024.

Dalam prakatanya usai pelantikan di Istana Negara, mantan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) ini mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang sudah mempercayakan dia untuk menggantikan Budi Gunadi Sadikin (BGS) sebagai Wamen BUMN.


BGS juga dilantik oleh Jokowi menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

"Tentunya karena kami sebagai Wamen BUMN tugasnya membantu pak Menteri BUMN [Erick Thohir/ET] yang menghubungi kami juga Pak Menteri ET pada waktu itu," kata Pahala.

"Dan beliau [Presiden] belum lama ini sudah ketahui kami (saya) sebagai Dirut BTN dan sebelumnya di Pertamina sebagai Direktur Keuangan. Interaksi dengan beliau sudah cukup banyak," katanya.

"Beliau juga sampaikan visi dan beberapa hal yang perlu kita tindak lanjuti. Arahan beliau, bagaimana kita di BUMN bisa terus lakukan transformasi, melakukan penciptaan nilai," jelas mantan Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA).

"Dan di luar itu [BUMN] bisa berikan impact dan manfaat kepada masyarakat yang lebih luas. Karena khususnya dalam periode pandemi di mana Indonesia butuh adanya tambahan dorongan pertumbuhan ekonomi ke depan, bagaimana BUMN bisa memberikan kontribusi yang tinggi dalam pemulihan ekonomi nasional. Ini yang jadi arahan beliau [Jokowi]," katanya.

Situs resmi BTN mencatat rekam jejak Pahala. Pria bernama lengkap Pahala Nugraha Mansury, diangkat sebagai Direktur Utama BTN melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BTN pada 27 November 2019 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 10 Februari 2020.

Latar belakang pendidikannya yakni Leonard N Stern. School of Business New York University degan gelar Master of Business Administration in Finance di tahun 1994 - 1999.

Sebelumnya Pahala jebolan fakultas ekonomi, akuntansi, di Universitas Indonesia (UI), tahun 1989 - 1994.

Jauh sebelum di BTN, Pahala lama berkarier di Bank Mandiri. Pahala menjadi Direktur Treasury & Market pada Maret 2015 - April 2017, prestasinya memberikan kontribusi 30% terhadap laba Bank Mandiri.

Prestasi ini lantas membawanya menjadi Direktur Utama Garuda periode April 2017 - September 2018.

Setelah itu dia ditunjuk menjadi Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) pada September 2018 - November 2019.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading