Ngamuk Lagi! Saham Bukopin Melesat 24,49% Hari Ini

Market - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
21 December 2020 15:29
Dok: Bukopin

Jakarta, CNBC Indonesia- Saham PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) kembali melesat hingga menyentuh batas atas, pada Senin (21/12/2020) hari ini.

Pada perdagangan hari ini, saham Bukopin ditutup pada level Rp 610, menguat 120 poin atau 24,49%. Lebih dari 1 miliar saham diperdagangkan pada hari ini dengan nilai Rp 619,82 miliar.

Bank yang dikendalikan oleh KB Kookmin Bank asal Korea Selatan ini melanjutkan rally sejak 17 Desember 2020. Bila dibandingkan dengan posisi terendah tahun ini, saham Bukopin telah melesat 7 kali lipat.


Sebelumnya, kabar terbaru yang menjadi katalis positif ialah pernyataan Kementerian BUMN soal pengelolaan aset negara, saham di BBKP dan ISAT. Pengelolaan itu seiring dengan transfer yang sudah diberikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Informasi itu disampaikan Erick Thohir di depan Komisi VI DPR, awal Desember lalu.

Sedangkan di Bukopin, pemerintah masih memiliki satu juta lot saham BBKP atau berkisar 3,06%. Untuk pengendali sahan BBKP sendiri sudah beralih dari grup Bosowa ke Kookmin Bank Co. Ltd sebagai pengendali baru yang merangkul 67% saham BBKP.

Adapun bagi Bukopin, menurut Direktur Utama Bukopin Rivan Ahmad Purwantono, peningkatan harga saham lebih mencerminkan kepercayaan para investor kepada Bukopin setelah KB Kookmin Bank menjadi pengendali.

Dengan adanya Kookmin Bank, Bukopin akan membangun ekosistem bisnis baru dengan mengandalkan setidaknya 190 perusahaan Korea yang di Indonesia dan luar negeri.

"Dengan ekosistem baru tersebut, maka Bukopin akan menjadi bank swasta pertama di Indonesia yang akan menjadi bank global. Hal ini membuat kepercayaan masyarakat kepada Bukopin akan semakin tinggi," ujar Rivan kepada CNBC Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading