Harga Minyak Tembus Rekor Baru, CPO Kena Berkahnya

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
17 December 2020 13:28
Ilustrasi kelapa sawit. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak sawit mentah (CPO) Malaysia menguat tipis pada perdagangan hari ini, Kamis (17/11/2020). Kenaikan harga CPO mendapat sentimen positif dari harga minyak yang tembus rekor baru.

Harga CPO berjangka yang ditransaksikan di Bursa Malaysia Derivatif Exchange sudah memasuki kontrak baru. Kali ini kontrak yang diperjualbelikan adalah kontrak yang kadaluwarsa pada pertengahan bulan Maret tahun depan. 

Harga kontrak futures CPO pengiriman tiga bulanan ini naik tipis 0,29% atau sebesar 7 ringgit dari posisi penutupan kemarin. Harga CPO ditutup di RM 3.365/ton dan kini berada di RM 3.374/ton pada 11.30 WIB. 


Harga kontrak futures minyak mentah terutama untuk Brent melesat dan tembus ke level US$ 51/barel. Sentimen yang mendongkrak harga si emas hitam adalah penurunan stok minyak di AS. 

Harga CPO cenderung bergerak seirama dengan harga minyak. Pasalnya CPO merupakan salah satu bahan baku pembuatan bahan bakar nabati seperti biodiesel pengganti minyak. 

Harga minyak yang naik akan membuat penggunaan minyak nabati seperti CPO untuk biodiesel menjadi lebih kompetitif. Setidaknya ini menjadi salah satu sentimen yang membuat harga CPO terangkat naik.

Ekspor produk minyak sawit Malaysia untuk 1-15 Desember naik 9,5% menjadi 725.380 ton dari 662.376 ton yang dikirim selama 1-15 November, kata surveyor kargo Societe Generale de Surveillance pada Selasa malam.

Stok akhir minyak sawit Malaysia pada November turun ke level terendah lebih dari tiga tahun karena produksi merosot dan ekspor turun lebih dari yang diharapkan.

Menambah sentimen positif adalah kenaikan harga minyak nabati lain. Kontrak minyak kedelai paling aktif Dalian naik 1,9%, sementara kontrak minyak sawitnya naik 1,1%. Harga kedelai di Chicago Board of Trade diperdagangkan 0,2% lebih tinggi.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(twg/twg)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading