Erick Thohir: Telkom Punya Aksi Korporasi Besar Tahun Depan

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
10 December 2020 21:59
Menteri Badan Usaha Milik Negara RI (BUMN) Erick Thohir dalam acara CNBC Indonesia Award 2020 Indonesia dengan tema Menyongsong Bangkitnya Ekonomi Indonesia 2021. (Tangkapan layar CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah mempersiapkan aksi korporasi besar yang akan dilakukan oleh PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM). Aksi korporasi ini selambatnya akan dilakukan oleh perusahaan pada akhir tahun depan.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan aksi korporasi ini diharapkan akan dapat mengungkit kapitalisasi pasar (market capitalization) perusahaan dari posisi saat ini Rp 370 triliun, kembali ke Rp 400 triliun atau lebih dari angka tersebut.

"Saya harap Telkom ada target yang bikin sakit perut saya ingin valuasi Telkom lebih baik dari sebelumya, saya kasih sambutan saat perayaan 25 tahun Telkom listing di bursa New York. Kalau roadmap Telkom berjalan bukan tidak mungkin dari saat ini Rp 370 triliun bisa kembali ke posisi sebelumnya Rp 400 triliun atau bisa lebih besar dari itu," kata Erick dalam acara CNBC Indonesia Award 2020 yang digelar di Auditorium Bank Mega, Kamis (10/12/2020).


"Karena itu ada corporate action akan dilakukan Telkom akhir tahun depan," imbuhnya.

Adapun sebelumnya diberitakan bahwa Telkom tengah mempersiapkan anak usahanya PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) untuk melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) di pasar modal.

Mitratel yang merupakan anak usaha Telkom yang bergerak di bidang penyediaan infrastruktur telekomunikasi memiliki menara telekomunikasi yang tersebar di berbagai wilayah dan melayani semua operator seluler di Indonesia dengan jumlah lebih dari 22.000 menara telekomunikasi.

Setelah IPO, Mitratel berpotensi menjadi perusahaan menara telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah menara 34.025. Hasil penggabungan 18.000 menara dimiliki oleh Telkomsel dan 16.025 sisanya milik Mitratel. Adapun secara industri Mitratel merupakan perusahaan menara kedua terbesar dari sisi jumlah menara.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading