Optimistis Bakal Hidup Normal, Saham Ritel Fesyen Terbang

Market - Tri Putra, CNBC Indonesia
17 November 2020 16:52
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saham-saham dari sektor ritel, terutama peritel fesyen, berhasil melesat mengankat kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini. IHSG saat penutupan tercatat menguat 0,64% ke level 5.529,94.

Optimisme mengenai hidup normal baru yang sudah semakin dekat muncul setelah kabar gembira berupa efektivitas vaksin corona Moderna membuat para investor memburu saham ritel yang sebelumnya terdampak parah oleh Covid-19.

Selain kabar baik mengenai vaksin, kabar positif lain juga datang dari pemulihan daya beli masyarakat yang ditunjukkan dengan inflasi pada bulan Oktober yang terjadi setelah sebelumnya terkena deflasi selama 3 bulan berturut-turut.


Tercatat dari tiga peritel fashion yang melantai di bursa, dua diantaranya berhasil terapresiasi tinggi dan satu lainya stagnan.

Kenaikan dipimpin oleh PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) yang berhasil melesat 12,57% ke level Rp 1.030/unit, sedangkan emiten ritel fesyen lainya PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) berhasil menghijau 4,35% ke level Rp 720/unit.

Emiten peritel fesyen yang stagnan hanyalah PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) yang memegang lisensi distribusi merek-merek fesyen ternama di Indonesia seperti Zara dan Hush Puppies serta department store raksasa Sogo. Tercatat harga MAPI stagnan diperdagangkan di level Rp 765/unit.

Selain itu terpantau emiten tekstil juga diuntungkan dengan adanya sentimen ini yang ditunjukkan dengan kenaikan dua emiten produsen tekstil dengan kapitalisasi pasar mumpuni.

Kenaikan emiten tekstil dipimpin oleh PT Indo-Rama Synthetics Tbk (INDR) yang terbang 14,22% ke level Rp 2.650. Selain itu emiten tekstil anggota indeks LQ45 PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) juga berhasil menghijau 2,65% ke level Rp 232/unit.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading