Mobil Banyak Tak Laku, Penjualan Mobil 2020 Berdarah-Darah!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
12 November 2020 13:42
[THUMB] Penjualan Mobil Suram

Jakarta, CNBC Indonesia - Total penjualan mobil di tahun ini diperkirakan bakal menjadi yang terpuruk selama beberapa tahun terakhir. Teranyar, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) merevisi target penjualan dari angka yang sebelumnya sudah direvisi lebih dulu.

Sebelum pandemi, Gaikindo menargetkan penjualan di atas 1 juta unit pada tahun ini. Namun, setelah pandemi penjualan direvisi menjadi 600 ribu unit. Kini, setelah memasuki bulan November, target tersebut kembali direvisi karena dinilai kurang realisitis dari kondisi yang ada.

"Gaikindo memperkirakan atau merevisi dari 600 ribu unit menjadi 525 ribu untuk wholesale (distribusi pabrik ke diler). Untuk ritel (diler ke end user) lebih tinggi 30 ribu jadi sekitar 555 ribu," kata Marketing Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra kepada CNBC Indonesia, Kamis (12/11).


Angka tersebut bukan berarti sulit untuk tercapai. Hingga 9 bulan pertama tahun 2020, penjualan mobil di tanah air sudah mencapai angka 372.046 unit. Penjualan dari waktu ke waktu pun kian positif, pada bulan September sudah tercatat 48.554 unit, atau naik 30% dari bulan sebelumnya.

"Artinya dua bulan ke depan, November-Desember pasar mobil akan lebih baik dibanding Oktober di level 40-50 ribu per bulan," sebut Amelia.

Meski terus mendapat sentimen positif belakangan. Namun jika dibandingkan tahun sebelumnya, maka penjualan masih jauh dari kondisi normal. Produksi menurun kian tajam akibat permintaan yang tidak tinggi.

"Sebelum pandemi, kapasitas produksi Astra Daihatsu Motor 530 ribu dan merupakan terbesar di Indonesia. Awalnya setiap 1,5 menit dihasilkan 1 mobil dan kami rubah mengikuti protokol kesehatan, jadi setiap 3,1 menit dihasilkan 1 mobil. Turun setengah dan dengan penurunan ini maka produksi turun," kata Amelia.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading