Top! Saham Batu Bara Ngamuk, Efek Jokowi atau Lo Kheng Hong?

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
26 October 2020 10:55
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Kris)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham produsen batu bara lokal tercatat menguat pada perdagangan pagi ini, Senin (26/10/2020). Investor tampaknya merespons positif rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan melarang ekspor batu bara mentah.

Berdasarkan data perdagangan BEI pagi ini, hampir sebagian besar harga produsen batu bara bergerak di zona hijau. Saham PT Resources Alam Indonesia Tbk (KKGI) tercatat naik 1,54% ke harga RP 198/unit.

Lalu saham PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) melesat 1,65% ke harga Rp 246/unit. Saham PT Indika Energy Tbk (INDY) naik 1,07% ke harga Rp 945/unit.


Demikian pula dengan saham PT Borneo Olah Sarana Sukses Tbk (BOSS) naik 0,96% ke harga Rp 105/unit. Saham PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) naik 0,62% ke harga Rp 8.125/unit.

Saham PT Adaro Energy Tbk naik 0,47% ke level Rp 1.150/unit dan saham PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menguat 0,51% ke harga Rp 1.970/unit.

Pekan lalu, Presiden Jokowi meminta produsen batu bara tidak lagi mengekspor batu bara mentah. Untuk meningkatkan nilai ekspor, Jokowi memerintahkan untuk mempercepat peningkatan nilai tambah produk batu bara.

Jokowi menyampaikan hal tersebut saat memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan percepatan peningkatan nilai tambah batu bara melalui video conference di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Di depan jajaran menteri, Jokowi mengingatkan jajarannya untuk menggeser Indonesia dari negara pengekspor komoditas bahan mentah menjadi bahan jadi yang bisa meningkatkan nilai tambah bagi perekonomian.

"Kita semua harus bergeser dari negara pengekspor bahan mentah dan salah satunya adalah batu bara menjadi negara industri yang mampu mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi," kata Jokowi, Jumat (23/10/2020).

Kembangkan Industri Turunan Batu Bara
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading