Diguyur Rp1 T dari LPEI, Garuda Indonesia Ekspansi Rute Kargo

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
09 October 2020 13:23
Garuda Indonesia Luncurkan Livery Pesawat

Jakarta, CNBC Indonesia - Maskapai penerbangan BUMN, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mendapat pinjaman kredit modal kerja ekspor Rp 1 triliun dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank dengan tenor 1 tahun.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan fasilitas kredit ini merupakan kerja sama Program Penugasan Khusus Ekspor (PKE) antara Garuda Indonesia dan LPEI yang sekaligus merupakan wujud sinergi BUMN.

Sinergi ini dalam rangka mendorong pertumbuhan perekonomian nasional khususnya pengembangan sektor ekspor yang dilakukan antara lain melalui penyediaan aksesibilitas jalur penerbangan maupun pengembangan kapabilitas bisnis perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing komoditas ekspor Indonesia.


"Sebelumnya, dalam rangka mendukung daya saing komoditas ekspor unggulan nasional, Garuda Indonesia telah meluncurkan sejumlah rute penerbangan khusus kargo dari wilayah penghasil komoditas ekspor unggulan nasional," kata Irfan, dalam keterangan resmi, Jumat (9/10/2020).

Wilayah yang dimaksud di antaranya seperti Manado - Narita dan Makassar - Singapura.

"Pembukaan rute penerbangan kargo tersebut tentunya menjadi komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia sebagai national flag carrier untuk terus berperan aktif mendukung pertumbuhan perekonomian nasional," jelas mantan bos PT INTI (Persero) ini.

Di sisi lain, manajemen GIAA juga masih menantikan bantuan dana dari pemerintah dalam bentuk penerbitan obligasi wajib konversi (mandatory convertible bond/MCB) senilai Rp 8,5 triliun.

Mitra Piranti, VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, dalam kesempatan sebelumnya menjelaskan selain diskusi intensif dengan pemerintah soal dukungan, Garuda juga terus melakukan negosiasi kewajiban perseroan yang akan jatuh tempo dengan pihak ketiga.

Hal ini dilakukan untuk menjaga likuiditas perusahaan serta merespons dampak Covid-19 yang terjadi saat ini.

"Perusahaan telah melakukan upaya optimalisasi operasional guna menyelaraskan supply dengan market demand melalui beberapa langkah insiatif di antaranya melakukan negosiasi dengan lessor untuk penundaan pembayaran sewa pesawat (lease holiday) dan memperpanjang masa sewa pesawat untuk mengurangi biaya sewa per bulan," katanya, Rabu (16/9/2020).

Selain itu, perseroan juga mengusahakan financing dari perbankan dalam dan luar ataupun pinjaman lainnya, serta melakukan program efisiensi biaya dengan tetap memprioritas keselamatan dan keamanan penerbangan dan pegawai serta layanan.

Promo

Lebih lanjut, manajemen Garuda juga menggelar promo diskon tiket khusus "Weekend Octobest Special 10.10" yang diselenggarakan selama 4 hari berturut-turut yaitu mulai Jumat (9/10) sampai dengan 12 Oktober mendatang yang menawarkan potongan harga tiket spesial hingga 45% untuk berbagai pilihan rute-rute terbaik di Indonesia.

Adapun promo potongan harga ini berlaku untuk periode perjalanan mulai dari 9 Oktober 2020 hingga 30 Juni 2021.

"Program Weekend Octobest Special 10.10 ini dihadirkan sebagai bentuk apresiasi kami kepada para pengguna jasa Garuda Indonesia dengan memberikan pilihan added value pembelian tiket penerbangan melalui promo diskon harga tiket khusus bagi penumpang serta berbagai promo khusus lainnya," kata Irfan.

"Program ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen berkelanjutan dalam mendukung upaya pemulihan sektor pariwisata nasional."

Dia menegaskan, program promo khusus tiket penerbangan ini akan terus digiatkan melalui berbagai pilihan added value lainnya khususnya dalam rangka meningkatkan minat dan confident masyarakat untuk kembali terbang tentunya melalui penerapan protokol kesehatan penerbangan yang kami terapkan secara optimal.

Pada kesempatan kali ini, Garuda Indonesia turut memberikan promo ekstra yang menarik bagi para pengguna jasa di antaranya:

• Potongan tambahan hingga Rp1,000,000 untuk pembelian tiket dengan menggunakan bank partner Garuda Indonesia yaitu BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, Bank Mega, CIMB NIaga, Citibank, dan Maybank.

• Bonus e-voucher dari Aerowisata Hotels & Resorts, Frame A Trip, JD.ID, dan Mapemall.

• Potongan harga spesial dari Agoda dan Aero Globe Indonesia, serta

• Top Spender Weekend Octobest akan mendapatkan voucher gratis menginap selama 1 malam di Prama Sanur Beach Bali atau Kila Senggigi Lombok.

"Dengan adanya penawaran harga serta promo tambahan yang menarik, kiranya dapat membantu masyarakat untuk menyiapkan rencana perjalanannya dengan baik untuk kebutuhan travelling atau aktivitas bepergian lainnya," kata Irfan.

Adapun untuk mendapatkan harga tiket spesial selama periode Weekend Octobest berlangsung, para pengguna jasa wajib menggunakan kode promo OCTOBEST pada saat memilih jadwal penerbangan di Website garuda-indonesia.com atau aplikasi GIA Mobile.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading