IHSG Jatuh 4%, Asing Malah Borong Saham TOWR & BNLI

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
10 September 2020 09:19
Ilutrasi Bursa. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka langsung anjlok dalam, Kamis ini (10/9/2020). Saat dibuka, IHSG langsung terkoreksi 1,26% ke level 5.084, 33. Pada pukul 09.18 WIB, pelemahan IHSG mencapai hampir 4%.

Langkah Pemprov DKI Jakarta menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), menjadi sentimen negatif bagi IHSG. Lima menit berselang IHSG langsung drop 3,62% ke 4.962, sebanyak 36 saham naik, 268 terkoreksi sisanya stagnan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan memberlakukan PSBB yang mulai berlaku 14 September 2020, sehingga kegiatan perkantoran ditiadakan. Hal itu setelah melihat perkembangan kasus covid-19 DKI Jakarta dan dukungan fasilitas rumah sakit yang sudah dianggap darurat.


"Dalam rapat disimpulkan bahwa kita akan menarik rem darurat yang itu artinya kita terpaksa kembali menerapkan PSBB seperti pada masa awal pandemi dulu. Bukan lagi PSBB transisi tapi kita harus melakukan PSBB sebagaimana masa awal dulu," ujar Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Ia mengatakan bila tak ada kebijakan darurat di Jakarta, maka efeknya akan menyebabkan kematian karena Covid-19 akan tinggi di Jakarta.

Dengan demikian, mulai Senin 14 September 2020, bekerja yang di perkantoran ditiadakan. Namun kegiatan usaha tetap berjalan, akan ada 11 sektor usaha yang dikecualikan.

"Seluruh tempat hiburan ditutup," katanya.

Data perdagangan mencatat, investor asing melakukan aksi jual bersih sebanyak Rp 144 miliar di pasar reguler hari ini dengan nilai transaksi hari ini menyentuh Rp 1,4 triliun

Data BEI mencatat, saham yang paling banyak dilego asing hari ini adalah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dengan jual bersih sebesar Rp 30 miliar dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang mencatatkan net sell sebesar Rp 112 miliar.

Sementara itu saham yang paling banyak dikoleksi asing hari ini adalah PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) dengan beli bersih sebesar Rp 2 miliar dan PT Bank Permata Tbk (BNLI) dengan net buy sebesar Rp 4 miliar.

 


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading