Gelar Private Placement, Bukopin Incar CAR 17%

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
04 August 2020 20:36
Bank Bukopin (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) menyatakan Penawaran Umum Terbatas (PUT) V yang telah dilakukan telah mengerek capital adequacy ratio (CAR) atau rasio kecukupan modal.

Direktur Utama Bank Bukopin, Rivan A Purwantono mengatakan, dengan dilakukannya PUT V ini, posisi capital adequacy ratio (CAR) Bank Bukopin naik menjadi 14%. Angka ini akan diproyeksikan bisa meningkat lagi seiring dengan realisasi dari private placement yang akan dilakukan oleh Kookmin.

"Kisaran CAR diangka 16-17 % tersebut ekuivalen dengan kepemilikan Kookmin dikisaran 67%," ujarnya Selasa (4/8/2020).


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akhirnya mengeluarkan pernyataan efektif terkait persentase KB Kookmin Bank terhadap Bank Bukopin. Melalui Surat Keputusan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan bernomor KEP - 98/D.03/2020 Tentang Pembelian Saham PT Bank Bukopin Tbk Oleh Kookmin Bank Co, Ltd. Menjadi Sebesar 33,9%.

"Dengan keputusan ini Kb Kookmin Bank dinyatakan efektif menjadi Pemegang Saham Pengendali bank Bukopin," demikian tertulis dalam keterangan resmi OJK.

Keputusan OJK ini mengukuhkan Kb Kookmin Bank menjadi Pemegang Saham Pengendali Bank Bukopin. Dengan adanya keputusan ini, bank Bukopin dinilai akan semakin kuat menghadapi tantangan bisnis mengigat pengambilan keputusan dalam hal strategi tersebut bisa dilakukan oleh Pemegang Saham pengendali (PSP).

Informasi saja, KB Kookmin Bank memiliki jaringan di 24 negara. Dia mengatakan dari 24 negara tersebut, tiga diantaranya berada di kawasan Asia Tenggara yaitu Kamboja, Myanmar dan Vietnam.

"KB Kookmin bank melihat potensi market yang lebih bagus dari 3 negara itu adalah Indonesia," katanya.

Melihat profil kredit Bank Bukopin di mana 57% nya adalah UMKM, ditambah Bank Bukopin memiliki network swamitra, ditambah Payment Point Online Bank (PPOB) hampir 30 ribu, hal ini menurutnya berpotensi memberikan edukasi kepada masyarakat dan nasabah.

"Sehingga pada saat penerapan bisnis UMKM, koperasi bahkan masuk di bisnis-bisnis yang lebih kecil lagi artinya mikrofinance maka ini akan menjadi kesempatan baik bagi KB Kookmin Bank dalam melakukan bisnisnya seperti yang dilakukan di 3 negara di asia tenggara," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Subhan Aksa Diganti, Bukopin Rombak Komisaris & Direksi


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading