Sedih, Reksa Dana Paling Cuan Cuma Kasih Return Rerata 4,4%

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
04 August 2020 17:07
cover topik/Reksa dana anjlok thumbnail/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Di masa-masa yang sulit saat pandemi Covid-19 ada berbagai instrumen investasi yang bisa dijadikan pilihan oleh investor.

PT Infovesta Utama mencatat kinerja reksa dana sejak awal tahun sampai periode 30 Juli 2020. Dari reksa dana tersebut, reksa dana pendapatan tetap atau Infovesta 90 Fixed Income Fund Index masih memimpin dengan perolehan imbal hasil rata-rata sebesar 4,43%.

Lainnya, adalah Infovesta Government Bond Index dengan imbal hasil 3,91%, Infovesta Corporate Bond Index sebesar 3,03%. Reksa dana pasar uang yang terhimpun dalam Infovesta 90 Money Market Fund Index masih stabil di kisaran 2,82%.


Reksa dana yang berbasis saham masih cukup tertekan sejak awal tahun ini sejalan dengan masih terkoreksinya Indeks Harga Saham Gabungan sebesar 18,25% sejak Januari 2020.

Dengan demikian, reksa dana saham dan campuran Infovesta juga masih terkoreksi, masing-masing sebesar minus 19,8% dan 9,19%.

Akan tetapi, untuk periode selama bulan Juli saja, reksa dana saham mulai berbalik menguat 2,98% dan reksa dana campuran juga sudah memberikan imbal hasil yang positif sebesar 2,43%. Hal ini sejalan dengan mulai menguatnya IHSG sebesar 4,98% pada periode yang sama setelah dibukanya kembali aktivitas perekonomian nasional.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading