Dampak Covid-19

Potong Gaji Karyawan, Bos Garuda Kaget dengan BUMN Lain

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
24 July 2020 18:29
FILE PHOTO: Garuda Indonesia planes are seen on the tarmac of Terminal 3, Soekarno-Hatta International Airport near Jakarta, Indonesia April 28, 2017. REUTERS/Darren Whiteside

Jakarta, CNBC Indonesia - Akibat dampak Covid-19 PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) terpaksa memilih 'pil pahit' bagi pekerjanya. Sejauh ini manajemen telah memutuskan untuk melakukan dua opsi, yakni memotong gaji karyawan, memutus kontrak karyawan waktu tertentu dan pengajuan pensiun dini bagi sejumlah karyawan.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan perseroan telah memiliki rencana jangka panjang untuk pengembangan perusahaan, namun adanya pandemi Covid-19 ini merusak perencanaan bisnis perusahaan sehingga perusahaan mengalami kelebihan sumber daya manusia.

"Yang pertama kita lakukan adalah menawarkan secara sukarela untuk dirumahkan untuk pegawai PKWT [Perjanjian Kerja Waktu Tertentu] yang kontrak. Beberapa pegawai kontrak kita percepat kontraknya, tapi kita bayarkan haknya, kita nggak mau dzalim," kata Irfan dalam diskusi yang digelar RM, Jumat (24/7/2020).


Bahkan sebelumnya perusahaan telah terlebih dahulu melakukan pemotongan gaji bagi seluruh karyawan perusahaan tanpa terkecuali. Namun demikian, pemotongan gaji ini bersifat penundaan dan akan dibayarkan kembali saat kondisi perusahaan kembali membaik.

"Mungkin Garuda satu-satunya BUMN yang potong gaji. Saya kaget juga BUMN lain kok belum mengikuti," imbuh Irfan.

Hal lainnya yang dilakukan oleh manajemen adalah memberikan penawaran pensiun dini kepada karyawannya dan hingga saat ini sudah lebih dari 400 karyawan di atas 45 tahun yang memutuskan untuk mengambil kesempatan tersebut.

Namun demikian, Irfan menegaskan bahwa hingga saat ini masih belum ada pemutusan hubungan (PHK) yang dilakukan oleh perusahaan. Menurut dia itu adalah opsi terakhir yang akan diambil oleh perusahaan.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading