Gagal Bayar Obligasi, Moodys Turunkan Rating Modernland

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
07 July 2020 18:52
foto : Istimewa

Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga pemeringkat Moody's Investor Service memangkas rating emiten properti PT Modernland Realty Tbk (MDLN) dari sebelumnya Caa1 menjadi Ca dengan outlook negatif.

Pada saat yang sama, Moodys juga menurunkan peringkat surat utang senior yang diterbitkan Moderland Overseas Pte Ltd dan JGC Ventures Pte Ltd dari Caa1 menjadi Ca.

Vice President and Senior Credit Officer Moody's, Jacinta Poh mengatakan, penurunan peringkat ini mengindikasikan adanya kemungkinan risiko gagal bayar Moderland dalam waktu dekat ini yang disebabkan oleh penurunan arus kas perusahaan dan terganggunya likuiditas.


Pasalnya, kas dan setara kas perseroan mengalami penurunan menjadi Rp 180 miliar pada 31 Maret 2020 dari posisi akhir Desember 2019 sebesar Rp 554 miliar. Tak hanya itu, pandemi Covid-19 juga menyebabkan terganggunya penjualan properti perseroan.

Dalam pengumuman yang disampaikan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), PT Modernland Realty Tbk (MDLN) menyampaikan penundaan pembayaran Obligasi Berkelanjutan I Modernland Realty Tahap I Tahun 2015 seri B dengan nilai pokok Rp 150 miliar yang seharusnya jatuh tempo pada hari ini, Selasa, 7 Juli 2020.

"Modernland telah menunda pembayaran pokok obligasi senilai Rp 150 miliar itu jatuh tempo 7 Juli 2020. Perusahaan akan mengadakan pertemuan dengan pemegang obligasi pada 14 Juli 2020 dengan salah satu agendanya membahas perubahan tanggal pembayaran pokok obligasi," kata Jacinta, dalam keterangannya, dikutip CNBC Indonesia, Selasa (7/6/2020).

Jacinta melanjutkan, peringkat Modernland juga bisa mengalami penurunan jika telah terjadi gagal bayar termasuk dalam kemampuan melakukan restrukturisasi utang.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading