To The Moon... Saham Bukopin Melesat 22%

Market - dob, CNBC Indonesia
12 June 2020 15:25
Teller Bank Bukopin

Jakarta, CNBC Indonesia- Saham PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) ditutup pada level Rp 206 pada perdagangan Jumat (12/6/2020), melesat 37 poin atau 21,89%, pasca Kookmin Bank memastikan akan mengakuisisi saham Bukopin minimal 51%.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), saham Bukopin langsung melesat sekitar 20% sesaat perdagangan dibuka. Saham ini diperdagangkan pada range harga Rp 173 sampai Rp 208.

Nilai transaksi pada hari ini mencapai Rp 126,33 miliar, tertinggi sejak awal 2020. Selain itu, investor asing juga mengakumulasi saham ini dengan nilai beli bersih Rp 520,33 juta.


Sebagai informasi, ini merupakan level tertinggi saham Bukopin sejak pertengahan Maret 2020. Pada tahun ini saham Bukopin sempat terjun bebas ke level Rp 84, mengikuti IHSG yang terkena aksi panic selling pandemi virus corona.

Kemarin, KB Kookmin Bank, pemegang saham terbesar kedua di Bank Bukopin, merealisasikan komitmennya mendukung penguatan likuiditas dan permodalan bank. Kookmin telah menyetorkan dana segar ke Bank Bukopin.

Direktur Operasi dan TI Bank Bukopin, Adhi Brahmantya menyatakan bahwa proses yang telah dilakukan dengan KB untuk menjadi pemegang saham pengendali baru, masih terus berjalan baik di regulator Indonesia maupun Korea Selatan. Untuk membuktikan komitmen KB sebagai salah satu pemegang saham utama Bank Bukopin, Kookmin telah menyuntikkan dana untuk mendukung likuiditas bank.

Sebagai bank terbesar di Korea Selatan, akusisi KB Kookmin Bank terhadap Bank Bukopin adalah pertanda positif di tengah lesunya sentimen pasar terhadap ekspansi bisnis dan perekonomian.

"Tentu hal ini adalah bukti, bahwa akusisi KB Kookmin Bank (terhadap Bukopin) adalah langkah nyata dari optimisme terhadap Bank Bukopin. Sebagai bank penyalur kredit retail (UMKM dan Konsumer) dengan potensi pertumbuhan yang berkelanjutan ke depannya," terang Adhi dalam keterangannya, Kamis (11/6/2020).

Sementara itu, Direktur Manajemen Risiko Bank Bukopin, Jong Hwan Han, yang merupakan Direktur yang ditunjuk oleh KB menambahkan, dalam waktu dekat KB akan merealisasikan keinginannya menjadi pemegang saham pengendali baru Bukopin dengan kepemilikan minimal 51%, dengan memenuhi proses dan ketentuan yang berlaku baik di Indonesia maupun di Korea Selatan.

 


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading