Apa Kata Investor Asing soal RI? Ini Bocoran Wamenkeu

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
08 June 2020 11:30
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan Indonesia saat ini menjadi incaran investor asing karena mereka melihat ekonomi Indonesia sangat prospektif. Hal ini tampak dari aliran dana asing (capital inflow) yang mengalir cukup besar dalam sepekan terakhir.

"Artinya kita masih dilihat sebagai tempat yang masih prospektif. Kenapa kita dilihat sebagai tempat yang prospektif? Karena kita mengelola ekonomi dengan baik," kata Suahasil saat wawancara eksklusif dengan CNBC Indonesia, Jakarta (8/6/2020).

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, di awal Juni dari tanggal 2 hingga 4, dana asing yang masuk ke Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp 6,44 triliun.


Sementara itu, dari aksi beli bersih (net buy) asing di pasar saham mencapai Rp 3,39 triliun di seluruh pasar di sepanjang minggu ini.


Meskipun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sedang mengalami tekanan, kata Suhasil, investor asing sudah menyadari bahwa semua negara sedang mengalami masalah yang sama.

"Jadi mereka (asing) mengatakan, oke APBN sedang dalam tekanan. Tapi pengelolaan ekonominya oke atau tidak? Kalau pengelolaan APBN oke, mereka (asing) akan tetap masuk. Melihat Indonesia sebagai tempat yang prospektif seperti sekarang ini," kata mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu ini.



[Gambas:Video CNBC]




(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading