Jadi Investor Gojek, Saham Facebook & Paypal Malah Ambles

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
04 June 2020 07:35
Lawan Corona, Gojek Luncurkan 12 Program Kesejahteraan Mitra

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah resmi mengumumkan menjadi penyokong modal ke Gojek di Indonesia, saham raksasa media sosial Facebook Inc di Bursa Nasdaq, Amerika Serikat (AS) justru ditutup melorot hingga 1,11% di level US$ 230,16/saham setelah sebelumnya dua saham ini melonjak.

Berdasarkan data CNBC per penutupan Rabu waktu AS (3/6/2020) atau Kamis pagi waktu Indonesia, secara year to date atau tahun berjalan, saham Facebook dengan kode FB ini masih naik 12,14% dengan kapitalisasi pasar US$ 656,4 miliar atau Rp 9.321 triliun (asumsi kurs Rp 14.200/US$).



Harga saham FB menyentuh level tertinggi dalam 52 pekan terakhir yakni di level US$ 240,90/saham. Sementara itu, saham Paypal Holdings Inc dengan kode saham PYPL di Nasdaq juga minus 0,45% di level US$ 156,78/saham. Kapitalisasi pasar Paypal sebesar US$ 184,1 miliar atau Rp 2.614 triliun. Year to date saham PYPL menguat 44,94%.

Facebook dan Paypal resmi menjadi investor baru Gojek, bersama dengan Google dan Tencent.


Pelemahan saham FB dan PYPL ini berbeda dengan pergerakan bursa saham AS (Wall Street)
 yang justru kembali mencatat penguatan pada perdagangan Rabu (3/6/2020). Kenaikan Wall Street ditopang rilis data ekonomi yang lebih baik dari prediksi sehingga memberikan harapan perekonomian akan segera bangkit pasca-lockdown dilonggarkan.

Tiga indeks utama menguat. Dow Jones naik 2,1% ke 26.269,89 dan membukukan penguatan 3 hari beruntun. Sedangkan S&P 500 mencatat penguatan 4 hari beruntun, terpanjang sejak bulan Februari, setelah menguat 1,4% di 3.122,87 kemarin. Sementara Nasdaq juga menguat sebanyak 0,8% ke 9.682,91.

Rabu kemarin, Gojek mengumumkan bahwa Facebook dan PayPal resmi menjadi investor di dalam penggalangan dana perseroan putaran terkini. Selain itu, di penggalangan dana putaran yang sama, Google dan Tencent kembali menambah investasi setelah kedua perusahaan itu menanamkan investasi di Gojek pada penggalangan dana putaran sebelumnya.

Manajemen Gojek menegaskan bergabungnya Facebook dan PayPal sebagai investor, menyusul Google dan Tencent, mendukung Gojek dalam misi mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara, dengan fokus pada layanan pembayaran dan keuangan.

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo mengatakan masuknya Facebook, PayPal, Google dan Tencent merupakan pengakuan di mana perusahaan teknologi paling inovatif di dunia melihat dampak positif Gojek terhadap Indonesia dan Asia Tenggara.

"Dengan bekerja sama, kami memiliki kesempatan untuk mencapai sesuatu yang betul-betul unik seiring dengan upaya kami mendukung lebih banyak digitalisasi di dunia usaha dan memastikan jutaan pelanggan mendapat manfaat dari ekonomi digital," kata Andre, dalam siaran persnya.

Facebook Inc adalah situs jejaring sosial terbesar di dunia dengan 2,5 miliar pengguna aktif bulanan (MAU/monthly active users) pada akhir tahun 2019. Sementara PayPal Inc. pengelola sistem pembayaran secara elektronik yang menggantikan transaksi konvensional berupa cek dan transfer uang.


[Gambas:Video CNBC]


(tas/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading