Viral! Omzet Naik, Karyawan Indomaret Tagih THR 2X Gaji

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 May 2020 19:11
Indomaret (detikcom/Dikhy Sasra)

Jakarta, CNBC Indonesia - Viral di situs petisi Change.org mengenai karyawan Indomaret yang mengakui bahwa mengalami penurunan penerimaan Tunjangan Hari Raya (THR) di tengah pandemi Covid-19. Para karyawan ini mengakui tak menerima THR dengan jumlah yang sama seperti yang diterimanya tahun lalu.

Petisi berjudul "Omset Meningkat: Berikan Hak Penuh THR Karyawan Indomaret" yang dipublikasikan itu sudah diteken oleh 10.275 orang hingga Rabu sore (20/5/2020).

Dalam petisi tersebut disebutkan minimarket yang dikelola PT Indomarco Prismatama ini mengakui mengalami peningkatan penjualan 7%-10% selama Maret, dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Peningkatan ini terutama di wilayah Jabodetabek dan terjadi sejak pemerintah menghimbau kebijakan working from home (WFH) dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Hanya saja, itu berbanding terbalik dengan pemberian THR kepada karyawan. Indomaret, yang biasanya diberi THR 2x gaji atau 1,5x gaji untuk karyawan yang sudah bekerja selama 5 tahun ke atas. Sekarang disamaratakan," tulis petisi tersebut.


"Jadi 1x gaji untuk seluruh karyawannya. Dengan alasan mengalami kerugian. Kok bisa mereka bilang merugi padahal sebelumnya mereka mengakui kalau pendapatannya meningkat selama WFH."

"Sementara info dari teman yang bekerja di perusahaan serupa, THR mereka gak dikurangi sama sekali selama pandemi. Maka dari itu saya mengajak teman teman untuk mendesak PT Indomarco Prismatama agar memberikan THR kepada karyawan sebagaimana mestinya, bukan kita tidak bersyukur, tapi kita ingin hak kita diberikan secara penuh," tulis petisi itu.

Indomarco Prismatama adalah anak usaha dari PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET)

Manajemen Indomarco Prismatama menyebutkan pihaknya telah melakukan pembayaran THR sesuai dengan ketentuan yang pemerintah dan dibayarkan pada 11 Mei 2020 lalu.

Pembayaran THR ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Permenaker nomor 6 tahun 2016 tentang THR Keagamaan Bagi Pekerja atau Buruh di Perusahaan.

"Pemberian THR ini sebagai komitmen perusahaan kepada karyawan, walaupun dalam situasi ekonomi dan pasar yang berat dan berubah menurun dengan cepat dalam dua bulan terakhir," kata Wiwiek Yusuf, Marketing Director Indomarco Prismatama kepada CNBC Indonesia, Rabu (20/5/2020).

Untuk itu manajemen mengajak semua karyawan untuk tetap bersikap positif dan produktif dalam bekerja.

Adapun sebelumnya disebutkan bahwa perusahaan mengalami peningkatan penjualan 7%-10% sejak Maret, dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Peningkatan ini terutama di wilayah Jabodetabek dan terjadi sejak pemerintah menghimbau kebijakan WFH.

"Secara umum terjadi peningkatan bulan Maret lalu dibanding bulan Februari. Tetapi peningkatan memang cenderung terjadi di kota-kota besar dimana terjadi epidemi Covid-19. Seperti Jabodetabek. Beberapa daerah lain masih relatif stabil. Dibanding bulan sebelumnya ada kenaikan sekitar 7%-10%," kata Wiwiek, Kamis (2/4/2020).

Dia menyebutkan barang-barang yang dibeli oleh pembeli pada umumnya kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak, susu, instant noodle. Selain itu, pembeli juga mencari kebutuhan lainnya seperti masker, hand sanitizer, pembersih.

Tingginya permintaan ini membuat pengelola toko lumayan kewalahan karena tak jarang juga terjadi lonjakan permintaan yang tidak dapat dipenuhi pasokannya oleh produsen.

[Gambas:Video CNBC]





(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading