Satu Lagi Jebolan Bank Mandiri Jadi Dirut BUMN

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
08 May 2020 12:57
Didiek Hartantyo/Doc.PT KAI
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri BUMN Erick Thohir baru saja merombak habis jajaran direksi PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI. Direktur Utama KAI Edi Sukmoro resmi diberhentikan melalui Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK--142/MBU/05/2020. SK ini ditetapkan pada Jumat, 8 Mei 2020.

Posisinya digantikan Didiek Hartantyo, yang sebelumnya menjabat Direktur Keuangan PT KAI. Situs resmi KAI mengungkapkan, Didiek adalah Warga Negara Indonesia, kelahiran Jakarta tahun 1961.

Dia berdomisili di Jakarta dan bergabung dengan PT KAI sejak 25 Januari 2016 sebagai Direktur Keuangan berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-21/MBU/01/2016 yang kemudian diperbaharui menjadi Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-10/MBU/01/2018 tanggal 15 Januari 2018.

Didiek menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Sebelas Maret tahun 1985, menyelesaikan S2 dari Daniel School of Business, University of Denver, USA pada tahun 1995.


Karier sebelumnya yakni menjabat sebagai Group Head Corporate Banking II PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) periode 2011-2016, dan Group Head Financial Institutions tahun 2010 - 2011 di Bank Mandiri. Artinya Didiek adalah jebolan Bank Mandiri yang menjadi bos perusahaan BUMN.

Sebelumnya, Erick Thohir juga memilih banyak lulusan Bank Mandiri yang menduduki jabatan strategis, baik sebagai Wakil Menteri BUMN atau pun sebagai Direktur Utama BUMN.

Seperti diketahui, dua Wamen BUMN, yakni Kartiko Wirjoatmodjo dan Budi Gunadi Sadikin, merupakan mantan Direktur Utama Bank Mandiri.

Kemudian dua Direktur Utama BUMN besar yang dipilih Erick, yaitu Pahala Mansury menjadi Dirut PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk serta Zulkifli Zaini menjadi Dirut PT PLN (Persero), juga merupakan lulusan Bank Mandiri.

Lebih lanjut, Erick, dalam kesempatan itu juga mencopot nama-nama direksi lama PT KAI yakni:

1. Sdr. Edi Sukmoro - sebagai Direktur Utama;
2. Sdr. Amrozi Hamidi - sebagai Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha;
3. Sdr. Dody Budiawan - sebagai Direktur Niaga;
4. Sdr. R. Ruli Adi - sebagai Direktur SDM dan Umum;
Pemberhentian itu disertai dengan ucapan terima kasih atas segala sumbangan tenaga dan pikirannya selama memangku jabatannya tersebut.

Semula Didiek menjabat sebagai Direktur Keuangan, dialihkan menjadi Direktur Utama PT KAI, dengan masa jabatan meneruskan sisa masa jabatan sebagaimana Keputusan Menteri BUMN dimaksud.

Selain itu, dalam diktum ketiga SK, Erick Thohir juga mengangkat nama-nama tersebut di bawah ini sebagai anggota Direksi PT KAI:

1. Sdr. Jeffrie N. Korompis - sebagai Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha;
2. Sdr. Rivan Achmad Purwantono - sebagai Direktur Keuangan;
3. Sdr. Maqin U. Norhadi - sebagai Direktur Niaga;
4. Sdr. Agung Yunanto - sebagai Direktur SDM dan Umum.
"Bagi anggota-anggota Direksi yang diangkat sebagaimana dimaksud pada Diktum Ketiga Keputusan ini yang masih menjabat pada jabatan
lain yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan untuk dirangkap dengan jabatan Direksi Badan Usaha Milik Negara, maka yang bersangkutan harus mengundurkan diri atau diberhentikan dari jabatannya tersebut," tulis surat itu.

[Gambas:Video CNBC]





Artikel Selanjutnya

Erick Sebut BUMN Jangan Palugada, Apa Lu Mau Gue Ada!


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading