Simak! Ini Dia 10 Orang Terkaya RI di 2020

Market - Sefti Oktarianisa & Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
08 April 2020 17:11
Ini daftar 8 orang terkaya RI di 2020 berdasarkan versi Forbes.
Jakarta, CNBC Indonesia - Forbes kembali mengeluarkan daftar orang-orang kaya dunia melalui "The Richest in 2020". Sejumlah nama seperti CEO Amazon Jeff Bezos dan juga co-fonder Microsoft Bill Gates ada dalam daftar tersebut, masing-masing di urutan pertama dan kedua.

Meski bukan berada di daftar top 10, tapi ternyata sejumlah nama pengusaha RI juga masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Bahkan dari 10 nama orang paling kaya di Bumi Nusantara ini, 2 nama masuk 100 crazy rich dunia. Nilai kekayaan tersebut disetarakan dengan asumsi rupiah Rp 16.000/US$.

Berikut rinciannya:




1. Robert Budi Hartono
Total Kekayaan: US$ 13,6 Miliar (Rp 218 triliun)

Ini 8 Orang Kaya RI yang Masuk Foto: foto : bombastis.com


Robert Budi Hartono mungkin menduduki posisi ke-80 di daftar orang terkaya di dunia. Namun namanya berada di jejeran paling atas untuk miliarder di Indonesia.

Lelaki berusia 79 tahun ini mendapatkan pundi-pundi kekayaannya melalui perbankan dan rokok. Ia berinvestasi di PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Namun dibanding 2019 lalu, kekayaannya turun 1,66% atau sekitar US$ 244 juta.

Ia bersama saudaranya Michael Bambang Hartono, yang juga ada di deretan orang terkaya Forbes, memperoleh keuntungan dari investasi di BCA. Hartono membeli saham BCA dari Salim Group, tahun 1997-1998 saat krisis ekonomi Asia terjadi.

2. Michael Bambang Hartono
Total Kekayaan: US$ 13 Miliar (Rp 208 triliun)

Ini 8 Orang Kaya RI yang Masuk Foto: Michael Hartono (detikcom)


Berbeda dengan sang adik, Michael Bambang Hartono berada di posisi ke 86 dunia. Sama seperti saudaranya, ia berinvestasi di perbankan dan perusahaan rokok. Ia kini berusia 80 tahun.

Kekayaan Michael Bambang Hartono di 2020 ini turun 1,66% atau sekitar US$ 234 juta. Dengan saudaranya, ia juga memiliki perusahaan elektronik Polytrron dan saham di startup game Razer. Michael Bambang dikenal sebagai atlet Bridge yang menyumbangkan medali perunggu di Asian Games 2018.



3. Sri Prakash Lohia
Total Kekayaan : US$ 4,3 Miliar (Rp 69 triliun)

Ini 8 Orang Kaya RI yang Masuk Foto: Ist


Sri Prakash Lohia membangun bisnisnya dari memproduksi PET (Polyethylene terephthalate) dan bisnis petrokimia lainnya. Pada 1970-an, Forbes mencatat, ia dan ayahnya pindah dari India ke Indonesia, di mana mereka mendirikan Indorama sebagai perusahaan pembuat benang pintal.

Sekarang perusahaan ini berkembang dan mendivesifikasi bisnis ke pembangkit tenaga listrik, petrokimia, membuat produk industri termasuk poliolefin, pupuk, bahan baku tekstil dan sarung tangan medis. Lohia tetap sebagai chairman Indorama, tetapi tinggal di London. Putranya Amit adalah wakil chairman.

Adik laki-lakinya Aloke Lohia, juga seorang miliarder, tinggal di Thailand. Di sana dia menjalankan bisnis pembuat polimer PET lewat Indorama Ventures Public Co.


4. Keluarga Tahir

Total Kekayaan: US$ 4,1 Miliar (Rp 66 triliun)

Ini 8 Orang Kaya RI yang Masuk Foto: Tahir. (Dok: Forbes)


Keluarga Tahir berada di urutan 437 dunia. Pentolannya, Dato' Sri Tahir (nama lahir Ang Tjoen Ming) yang lahir di Surabaya ini merupakan pengusaha, investor, sekaligus pendiri Mayapada Group.

Perusahaan ini membawahi holding company yang memiliki beberapa unit bidang usaha, seperti perbankan, TV berbayar, media cetak, properti, sampai rumah sakit.

Di 2020 ini kekayaannya turun 0,14% atau sekitar US$ 5 juta. Anaknya Grace adalah Presiden Komisaris Propertindo Mulia Investama dan Istrinya Rosy adalah anak dari pengusaha Mochtar Riady.

5. Prayogo Pangestu
Total Kekayaan: US$ 3,5 Miliar (Rp 56 triliun)

Ini 8 Orang Kaya RI yang Masuk Foto: Prajogo Pangestu. (Dok: Forbes)


Prajogo Pangestu tercatat di Forbes sebagai orang kaya dunia di deretan 538. Kekayaannya turun 5,5% tahun ini atau sekitar US$ 293 juta. Prajogo membangun perusahaan publik PT Barito Pacific Tbk (BRPT), sebelumnya Pacific Lumber, pada 1993. Di 2007, ia mengakuisisi perusahaan petrokimia Chandra Asri yang kemudian merger dengan Tri Polyta Indonesia.

Perusahaan ini kini menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia. Di 2015, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) bekerjasama dengan Michelin, pabrikan ban asal Prancis, di Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]




Deretan Crazy Rich RI Urutan 5-10
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading