Perang Harga Minyak Mau Kelar, Apa Kabar Bursa Saham Asia?

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
03 April 2020 08:57
Sentimen positif hijaunya Wall Street mampu menular hingga ke seberang Samudra Atlantik sampai ke Asia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Asia bergerak variatif cenderung menguat pada perdagangan pagi ini. Sentimen positif hijaunya Wall Street mampu menular hingga ke seberang Samudra Atlantik sampai ke Asia.

Pada Jumat (3/4/2020) pukul 08:56 WIB, berikut perkembangan indeks saham utama Asia:




Dini hari tadi waktu Indonesia, bursa saham New York menguat tajam. Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) melonjak 2,24%, S&P 500 melesat 2,28%, dan Nasdaq Composite terangkat 1,72%.


Jelang perdagangan di Wall Street, investor mendapat kabar yang sangat tidak enak didengar. Kementerian Ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) melaporkan, jumlah klaim tunjangan pengangguran (unemployment benefits) pada pekan yang berakhir 28 Maret mencapai 6,65 juta. Melonjak lebih dari dua kali lipat dan menjadi rekor tertinggi sejak program tunjangan pengangguran mulai digulirkan pada 1967.

Penyebabnya apalagi kalau bukan pandemi virus corona. Berdasarkan data satelit pemetaan ArcGis per pukul 06:32 WIB, jumlah pasien corona di seluruh dunia mencapai 1.013.157. Sementara korban jiwa terus bertambah menjadi 52.983 (tingkat kematian/mortality rate 5,23%)

Amerika Serikat (AS) kini menjadi pusat penyebaran virus corona dengan jumlah kasus 243.453 (24,03% dai total kasus global). Korban meninggal akibat virus corona di Negeri Paman Sam tercatat 5.926 sehingga tingkat kematian adalah 2,43%.

Hampir seluruh negara bagian di AS melaporkan bahwa kenaikan klaim tunjangan pengangguran disebabkan dampak dari penyebaran virus corona. Maklum, virus ini membuat kantor dan pabrik tutup, hotel dan restoran sepi, tempat wisata dan pusat perbelanjaan minim pengunjung.

"Gangguan di pasar tenaga kerja seperti ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Kemungkinan besar AS sudah resesi sekarang, pertanyaannya adalah berapa lama dan seberapa dalam," kata Mike Lowengart, Direktur Pelaksana di E*TRADE Financial, seperti dikutip dari Reuters.



Kenaikan Harga Minyak Membawa Optimisme
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading