Ada Segudang Stimulus, Namun IHSG Masih Tak Kuat Melesat

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
02 April 2020 08:48
Belum ada sentimen positif yang mampu membantu mengungkap gerak indeks.
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan masih akan bergerak melemah. Belum ada sentimen positif yang mampu membantu mengungkap gerak indeks.

Pilarmas Investindo Sekuritas mengatakan dari dalam negeri pemerintah meyakini defisit anggaran dapat lebih rendah menjadi 4% hingga 5%. Dalam upaya melakukan stimulus fiskal saat ini, anggaran belanja pemerintah dapat berpeluang mengalami penurunan.

Sekuritas ini menilai adanya potensi bagi kinerja perusahaan yang melambat dan daya beli yang meningkat, sehingga hal ini menyebabkan adanya selisih dari pendapatan maupun pengeluaran.




Dari Amerika, White House memproyeksikan angka kematian di Amerika terhadap virus Corona yang meluas hingga awal musim panas semakin menambah kekhawatiran terhadap penurunan aktivitas ekonomi yang dimana dapat mendorong penurunan aktivitas produksi dan pekerjaan di Amerika.

Reliance Sekuritas Indonesia menyebutkan meningkatnya pertumbuhan kasus pandemic coronavirus di AS menjadi pemicu koreksi pasar ekuitas global. Tercatat sebagai pelemahan terburuk kuartal pertama sejak tahun krisis 2008. Seakan menjadi kode yang cenderung negatif kepada investor.

Dari dalam negeri, pemerintah memberikan sederet stimulus guna meminimalisir dampak dengan percepatan kebijakan pajak PPH Badan yang turun menjadi 22% dan beberapa pengurangan biaya bagi pelaku bisnis.

Selanjutnya investor akan terus memantau perkembangan kasus pandemi di AS dan kebijakan-kebijakan lain dari pemberi kebijakan dalam memerangi dampak sistemik.



Dari segi teknikal, Panin Sekuritas menyebutkan selanjutnya investor akan terus memantau perkembangan kasus pandemi di AS dan kebijakan-kebijakan lain dari pemberi kebijakan dalam memerangi dampak sistemik.

Adapun hari ini indeks berpotensi bergerak mixed cenderung menguat dalam kisaran support 4.200 dan resisten di 4.760.



[Gambas:Video CNBC]




(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading