Bos Jiwasraya Sebut Pembeli Jiwasraya Putera Ada, Siapa Pak?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
31 March 2020 17:52
PT Asuransi Jiwasraya (Persero) terus memproses penjualan anak usahanya.

Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen PT Asuransi Jiwasraya (Persero) terus memproses penjualan anak usahanya yakni PT Jiwasraya Putera untuk mendapatkan tambahan likuiditas.

Perusahaan menyebutkan telah mendapatkan pembeli untuk perusahaan ini. Proses transaksi saat ini terus dirampungkan dan ditargetkan selesai maksimal dalam 3 bulan ke depan.

Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko mengatakan perusahaan sudah memutuskan pemenang yang akan membeli Jiwasraya Putera. Saat ini kedua pihak tengah memproses untuk membuat perjanjian jual beli bersyarat (conditional sales and purchase agreement/CSPA).

"Jiwasraya Putera sudah proses, sudah ada pemenangnya, masih finalisasi CSPA belum bisa sampaikan, masih harus nego di CSPA. Nanti pada waktunya akan disampaikan, moga-moga 2-3 bulan ini selesai," kata Hexana dalam video conference yang digelar hari ini, Selasa (31/3/2020).

Sebelumnya disebutkan penjualan anak usaha ini ditargetkan untuk mendapatkan dana senilai kurang lebih Rp 3 triliun.


"Jiwasraya Putera yang bersih dari induknya. Tak ada hubungan utang dan sebagainya," kata Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Kementerian BUMN Kamis, (9/1/2020).

Dengan terjualnya anak perusahaan ini maka Jiwasraya akan mendapatkan tambahan likuiditas untuk membayarkan utang klaim asuransi kepada nasabahnya. Perlu diketahui, hingga Februari kemarin, nilai utang klaim yang jatuh tempo mencapai Rp 16,7 triliun.

Tahun lalu, Kementerian BUMN bahkan menyebut bahwa valuasiĀ Jiwasraya Putra bernilai sekitar Rp 9 triliun yang akan dilepas kepada sejumlah investor strategis guna menyelamatkan perusahaan warisan Belanda yang berdiri sejak 31 Desember 1859 itu.

Mengacu laporan keuangan tahun 2016, hanya ada dua anak usaha Jiwasraya pada periode tersebut yakni PT Mitrasraya Adhijasa di bidang pengelolaan gedung dan PT Stannia Binekajasa juga di bidang yang sama.

Namun guna penyelamatan Jiwasraya, dibentuk anak usaha baru yakni Jiwasraya Putra. Anak usaha ini dibentuk hasil kerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan PT Telkomsel.

Pembentukan anak usaha itu sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan keempat perusahaan itu nantinya akan bertindak juga sebagai distributor dari produk-produk yang dijual oleh Jiwasraya Putra.

[Gambas:Video CNBC]




(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading