Catat! Mulai Senin, Perdagangan BEI Cuma Sampai Jam 3 Sore

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
27 March 2020 11:25
Catat! Mulai Senin, Perdagangan BEI Cuma Sampai Jam 3 Sore

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) akan menerapkan jam perdagangan baru mulai Senin depan (30/3/2020). Jam perdagangan ini dipangkas 90 menit dari jam perdagangan reguler dan berlaku untuk perdagangan efek bersifat ekuitas (saham), ETF (exchange traded fund), DIRE (dana investasi real estate) dan DINFRA (dana infrastruktur).

Penyesuaian waktu perdagangan ini didasarkan atas perintah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna mendukung kebijakan pemerintah untuk menerapkan bekerja dari rumah (work at home/WFH) dalam rangka meminimalisir penyebaran pandemi virus corona atau COVID-19.

Untuk itu, dalam jam perdagangan baru ini, tak ada perubahan untuk jam pembukaan bursa, namun untuk perdagangan sesi I dikurangi 30 menit sehingga akan ditutup pada pukul 11.30 waktu JATS (Jakarta Automated Trading System).


Sementara untuk perdagangan sesi II tetap akan dimulai pukul 13.30 waktu JATS namun hanya akan berlangsung hingga pukul 15.00 waktu JATS.


Periode pra-penutupan akan tetap dilakukan dalam waktu 10 menit jelang penutupan dilakukan yakni pukul 14.50-15.00 dan pembentukan harga dan pasca penutupan akan terjadi setelahnya.

Perdagangan saham di pasar tunai akan tetap mengikut masa waktu perdagangan sesi I, begitu pula dengan perdagangan di pasar negosiasi yang tetap berlangsung mengikuti perubahan waktu perdagangan.

Adapun pelaporan transaksi efek melalui Sistem Penerima Laporan Transaksi Efek (PLTE) yang sebelumnya bisa lakukan mulai pukul 09.30 hingga 17.00 waktunya dipersingkat menjadi 09.30 hingga 15.30 saja.

Perubahan waktu perdagangan ini juga berlaku untuk instrumen lainnya seperti Kontrak Berjangka Indeks Efek (KBIE) dan Kontrak Berjangka Surat Utang Negara (KBSUN) yang dilakukan melalui sistem BEI.

Selain itu, perdagangan Efek Bersifat Utang dan Sukuk (EBUS) melalui Sistem Fixed Income Trading System (FITS) dan Surat Utang Negara (SUN) melalui Sistem Electronic Trading Platform (ETP) juga akan berlangsung berdasarkan penyesuaian jam perdagangan ini.

Perlu dicatat, waktu perdagangan baru ini akan berlaku untuk seluruh hari bursa dan berlaku hingga pemberitahuan berikutnya.

Berikut lengkapnya:

Catat! Mulai Senin BEI Sesuaikan Waktu PerdaganganFoto: Jam perdagangan BEI 1
Catat! Mulai Senin BEI Sesuaikan Waktu PerdaganganFoto: Jam perdagangan BEI 2
Catat! Mulai Senin BEI Sesuaikan Waktu PerdaganganFoto: Jam perdagangan BEI 3
Catat! Mulai Senin BEI Sesuaikan Waktu PerdaganganFoto: Jam perdagangan BEI 4
Catat! Mulai Senin BEI Sesuaikan Waktu PerdaganganFoto: Jam perdagangan BEI 5

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan BI menetapkan penyesuaian jadwal kegiatan operasional dan layanan publik yang berlaku sejak 30 Maret - 29 Mei 2020 (masa berakhirnya masa tanggap darurat yang ditetapkan oleh Pemerintah).

Adapun penyesuaian jadwal kegiatan operasional dan layanan publik yang berlaku yakni:

Foto: Kegiatan operasional Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement/BI
Foto: Perubahan layanan sistem pembayaran dan transaksi keuangan, Bank Indonesia, 24 Maret 2020
Foto: Perubahan layanan sistem pembayaran dan transaksi keuangan, Bank Indonesia, 24 Maret 2020
Foto: Perubahan layanan sistem pembayaran dan transaksi keuangan, Bank Indonesia, 24 Maret 2020

[Gambas:Video CNBC]


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading