Internasional

Tunjuk JPMorgan, Agensi Boyband BTS Siap Masuk Bursa

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
28 February 2020 13:36
Big Hit Entertainment Co siap IPO.

Jakarta, CNBC Indonesia - Big Hit Entertainment Co, perusahaan entertainment asal Korea Selatan yang membesarkan nama boyband BTS akan melaksanakan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) dalam waktu dekat di bursa saham Korea Exchange.

Bahkan perusahaan ini menggandeng JPMorgan untuk menjadi salah satu penjamin pelaksana emisi (underwriter) dalam aksi korporasinya ini.

Berdasarkan laporan Reuters, aksi korporasi ini akan dilaksanakan di tahun ini dan diperkirakan akan menjadi IPO dengan nilai terbesar di 2020. Hal ini didasarkan pada nilai valuasi Big Hit yang diperkirakan mencapai 6 triliun won atau setara dengan US$ 5 miliar (setara dengan Rp 70 triliun).


Analis Hyundai Motor Securities Yoo Sung-man mengatakan tahun ini menjadi tahun yang tepat bagi perusahaan ini untuk melakukan IPO sebab BTS memang sedang berada di puncak popularitasnya.

"Namun perlu diantisipasi dengan usia anggota boyband tersebut di 20-an tahun, maka dalam waktu dekat para member ini akan masuk wajib militer," katanya, dikutip dari Reuters, Jumat (28/2/2020).

Foto: BTS (Instagram/bts.bighitofficial)


Selain JPMorgan, Big Hit juga menggandeng underwriter lokal Korea Selatan yakni NH Investment & Securities, Korea Investment & Securities dan Mirae Asset Daewoo.

Hingga akhir 2018 lalu, pemegang saham Big Hit antara lain Bang Si-hyuk yang juga merupakan founder perusahaan ini dengan kepemilikan 43,06%. Kemudian sebesar 25,22% dipegang oleh Netmarble Corp's.



Pada 2018 perusahaan ini berhasil mengantongi 64,1 miliar won laba operasi, naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Nilai itu setara dengan Rp 755 miliar, dengan asumsi kurs Rp 11,78/won.

Berdasarkan website resminya, Big Hit saat ini memiliki tiga artis yang ada di bawah naungannya yakni BTS, Tomorrow X Together (TXT) dan Lee Hyun.

BTS merupakan artis K-Pop pertama yang pernah mendapatkan menang di Billboard music award dan menjadi penampil di Grammy Awards bulan lalu.



[Gambas:Video CNBC]


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading