Samai Kupon SBR009, Kupon Imbalan Sukuk Ritel 012 di 6,3%

Market - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
20 February 2020 15:02
Samai Kupon SBR009, Kupon Imbalan Sukuk Ritel 012 di 6,3%
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah menetapkan tingkat kupon imbalan investasi Sukuk Negara Ritel seri SR-012 pada 6,3%, sama dengan kupon bunga dari obligasi tabungan ritel seri SBR-019 yang ditawarkan di awal tahun.

Dalam pengumumannya siang ini, Kamis (20/2/2020) Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu menyatakan penetapan kupon imbalan SR-012 yang bertenor 3 tahun itu juga disertai pengumuman pemasaran efek utang syariah itu yaitu pada 24 Februari hingga 18 Maret.

SR adalah salah satu seri dari surat berharga negara (SBN) ritel yang sudah terbit rutin setiap tahun sejak 2014. Keunikan SR adalah diterbitkan dengan prinsip syariah, dijamin pemerintah, berdenominasi rupiah, kupon tetap, serta memiliki batas minimal pembelian Rp 1 juta/kelipatannya.



SR-012 dapat dipesan dengan nilai maksimal per pemesan senilai Rp 3 miliar. Efek utang tersebut akan didistribusikan kepada pemesan pada 26 Maret 2020 dan akan jatuh tempo pada 10 Maret 2023. Efek itu baru dapat ditransaksikan di pasar sekunder pada 11 Juni.

Dengan adanya penerapan prinsip syariah dalam penerbitannya, SR-012 memiliki aset dasar barang milik negara (BMN) dan proyek APBN 2020 serta memanfaatkan akad ijarah asset to be leased.

Calon investor perlu meregistrasi di masing-masing mitra distribusi (midis), melakukan pemesanan, membayar, dan terakhir pembeliannya akan dikonfirmasi oleh pemerintah melalui Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN).

Ada tujuh agen penjual baru dari total 28 mitra distribusi SR-012, terdiri dari dua sekuritas, tiga agen penjual reksa dana (Aperd) fintech online, serta tiga perusahaan pinjaman online berbasis teknologi informasi (fintech P2P Lending).

Kedua sekuritas yaitu PT Danareksa Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas dan fintech Aperd yang turut serta menjadi midis SR-012 adalah PT Bareksa Portal Investasi, PT Star Mercato Capitale (Tanamduit), dan PT Nusantara Sejahtera Investama (Invisee).

Dua perusahaan P2P Lending yang menjadi midis adalah PT Investree Radhika Jaya (Investree) dan PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku).



TIM RISET CNBC INDONESIA



[Gambas:Video CNBC]




(irv/irv)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading