Siap-siap! Audit Jiwasraya, BPK Bongkar 'Borok' Pasar Modal

Market - Feri Sandi, CNBC Indonesia
20 February 2020 13:01
BPK menyatakan melakukan pemeriksaan investigatif terkait skandal besar PT Asuransi Jiwasraya (Persero), yang merugikan negara hingga triliunan rupiah.
Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan sedang melakukan pemeriksaan investigatif terkait skandal besar PT Asuransi Jiwasraya (Persero), yang merugikan negara hingga triliunan rupiah.

Lewat pemeriksaan ini, BPK ingin membongkar praktik-praktik kotor yang selama ini terjadi di pasar modal dalam negeri.

"Melalui pemeriksaan ini, pemeriksaan investigatif ini kita berharap bukan membuka kotak pandora tentang persoalan yang terjadi di pasar modal sebagainya. Tapi kita punya niat yang kuat untuk perbaikan sistem di pasar modal. Pengawasan terhadap jasa keuangan di Indonesia," kata Ketua BPK, Agung Firman, di kantornya, Jakarta, Kamis (20/2/2020).


BPK, lanjut Agung, ingin menjamin siapa investor di dalam negeri bakal dilindungi hak-haknya secara hukum.


"Penegakan hukum sesuatu yang baik saya pikir. Bicaranya masalah keadilan. Tetapi lebih dari itu penting untuk jika berbicara pemberantasan korupsi adalah melindungi hak-hak investor yang akan berinvestasi di Indonesia bahwa hak-hak mereka dilindungi," tuturnya.

Lewat pemeriksaan ini akan diungkap berapa kerugian negara di skandal kasus Jiwasraya.

"Bukti-buktinya sudah cukup lengkap. Itu di tahap pertama, maka aspek itu bisa diumumkan ke publik. Jadi angka sudah dapat," kata Agung.

Saat ini, Agung belum mau mengeluarkan angka kisaran berapa nilai kerugian negara di kasus Jiwasraya. Meski sebelumnya pihak Kejaksaan Agung telah mengeluarkan nilai sementara kerugian negara di kasus tersebut mencapai Rp 17 triliun.

[Gambas:Video CNBC]


(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading