Mendiang Kobe Bryant Cuan 30 Kali di Perusahaan Minuman

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
27 January 2020 11:35
Mendiang Kobe Bryant Cuan 30 Kali di Perusahaan Minuman
Jakarta, CNBC Indonesia - Jagat olahraga dunia tengah berduka hari ini. Kecelakaan helikopter di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) menewaskan mantan bintang basket NBA, Kobe Bryant dan putrinya Gianna.

Bryant yang meninggal pada usia 41 tahun pada Senin ini (27/1/2020) merupakan salah satu legenda basket di era modern. Bryant boleh dibilang sebagai penerus kejayaan mega bintang NBA sebelumnya Michael Jordan.

Selain dikenal sebagai bintang basket dunia, Bryant tercatat sebagai investor. Bahkan ESPN mencatat, mendiang Bryant membukukan keuntungan lebih dari 30 kali lipat kurang dari 4,5 tahun.



Hal ini terungkap pada Agustus 2018 saat Coca-Cola telah membeli saham minuman oleh raga BodyArmor dan menjadi pemilik saham minoritas.

Bryant pada awalnya membeli 10% saham BodyArmor pada Maret 2014. Nilai pembelian saham tersebut mencapai US$ 6 juta. Setelah kesepakatan pembelian saham oleh Coca-Cola, nilai saham Bryant di BodyArmor mencapai $ 200 juta, menurut sumber yang mengatakan kepada ESPN.

Selama karirenya sebagai pebasket profesional Bryant diperkirakan sudah memperoleh US$ 328 juta atau Rp 4,46 triliun (asumsi kurs Rp 13.600/US$), dalam kurun waktu 20 tahun.

Setelah pensiun dari basket, Bryant membuat perusahaan bernama Kobe Inc, dan mengumumkan investasi pertamanya pada BodyArmor.

Kobe Inc merupakan perusahaan investasi patungan Bryant bersama dengan pengusaha Jeff Stibel. Modal pertama membentuk perusahaan ini sekitat US$ 100 juta. Kobe Inc juga memulai perusahaan produksinya sendiri, Granity Studios, yang memenangkan Oscar pada 2018 untuk film animasi terbaik untuk film "Dear Basketball" -nya.

Sebagai bagian dari kesepakatan dukungan mereka, banyak atlet memiliki saham di BodyArmor. Sumber ESPN mengatakan ada sekitar belasan bintang olahraga memiliki saham di BodyArmor senilai lebih dari US$ 1 juta, termasuk James Harden, Dustin Johnson dan Andrew Luck.

Akuisisi BodyArmor oleh Coca-Cola tercatat sebagai yang terbesar dalam bisnis minuman olahraga sejak Desember 2000. Saat itu ketika PepsiCo mengakuisisi Quaker Oats, termasuk Gatorade. Kesepakatan itu menempatkan BodyArmor di jaringan distribusi Coca-cola yang kuat.

[Gambas:Video CNBC]


Bryant termasuk dalam deretan olahragawan yang masuk ke dunia investasi. Selain Bryant, LeBron James juga menghasilkan US$ 30 juta dari saham kecil di Beats by Dre ketika dijual ke Apple pada Mei 2014.

Kobe Bryant pensiun dari olah raga basket pada 2016. Menurut Forbes, Bryan diperkirakan mempunyai kekayaan sekitar US$ 680 juta pada 2016 dari gajinya sebagai pebasket dan endorsment.

Bryant pernah tercatat sebagai pebasket dengan bayaran tertinggi dalam enam musim. Bryant tercatat lima kali menjuarai NBA bersama LA Lakers dan menjadi bintang iklan untuk Nike, Hublot and Panini.


(hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading