Bangga! RI Satu-satunya Negara ASEAN yang Bikin Kapal Selam

Market - Sandi Ferry, CNBC Indonesia
23 January 2020 08:58
Indonesia juga mampu memperkuat pertahanan lautnya dengan produksi di dalam negeri.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah bisa saja untuk membeli kapal panjang Ocean Going (berukuran 150 meter) dari Denmark untuk memperkuat pertahanan Indonesia. Namun nyatanya, Indonesia juga mampu memperkuat pertahanan lautnya dengan produksi di dalam negeri.

Perkuatan pertahanan itu di antaranya membuat kapal selam, yakni KRI 405 Alugoro buatan PT PAL Indonesia (Persero).

"Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara [ASEAN] yang mampu mengembangkan dan membangun teknologi kapal selam,'" tulis pernyataan PAL dalam situs resminya, dikutip Selasa (21/1).

Bangga! RI Satu-satunya Negara ASEAN yang Bikin Kapal SelamFoto: Kapal Selam Alugoro Karya Anak Bangsa. (Dok : BUMN)



Kapal selam yang dibuat PT PAL ini selesai diproduksi 11 April 2019 di galangan kapal milik PT PAL, Surabaya, Jawa Timur. Proses produksi memakan waktu sampai 4 tahun. Pada 6 April 2015, dimulai groundbreaking pembangunan infrastruktur kapal selam di PT PAL Indonesia (Persero).


Kapal selam ini merupakan buah kerja sama PT PAL dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) Korea Selatan. Ada 206 teknisi atau engineer dari Indonesia yang dilibatkan dalam pembuatan kapal ini.

"Pembangunan section di Korea Selatan melibatkan orang PT PAL, itu lebih dari 100 (orang). Banyak engineer dan teknisi kami yang dikirim ke sana (Korsel) untuk program ini. Untuk membuat [kapal selam]," sebut Plt. Kadep Humas PAL Indonesia, Utario Esna Putra kepada CNBC Indonesia Selasa, (21/1/2020).

Dari kerja sama ini, selain berhasil membuat kapal selam, ada juga transfer ilmu. Karena teknisi Indonesia bisa menyaksikan serta membuat langsung di pabrik Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering yang berada di Korea Selatan.



Utario pun menyebut KRI 405 Alugoro sebagai kapal selam yang paling optimal selama dibuat oleh PT PAL. Salah satu indikator yang dibuat adalah cocok untuk menyisir perairan di Indonesia.

"Karena setting-an [kapal selam ini] kan beda dengan kapal selam samudera lepas. Nanti malah sulit untuk bermanuver. Kapal selam ini manuver serta ability-nya cocok dengan kedalaman kepulauan di Indonesia. Itu yang terutama," katanya.

Salah satu keunggulan lain yang masuk ke dalam perhitungan adalah mampu untuk menembus kedalaman laut yang cukup dalam. "Kemarin sudah berhasil dites 250 meter, itu sangat dalam. Dan ini bukan kedalaman maksimum. Jadi nanti ada pengetesan lagi lebih dalam," jelas Utario.


[Gambas:Video CNBC]


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading