Beredar! Irfan Jadi Dirut Garuda, Triawan Munaf Komut

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
21 January 2020 12:16
Nama direktur utama maskapai BUMN ini dikabarkan adalah Irfan Setiaputra dan Komisaris Utama adalah Triawan Munaf, mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif.
Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah nama terungkap akan menjadi pengurus di PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Nama direktur utama maskapai BUMN ini dikabarkan adalah Irfan Setiaputra dan Komisaris Utama adalah Triawan Munaf, mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Kabar ini sudah merebak di kalangan pelaku pasar. Seperti diketahui besok, Rabu (22/1), Garuda akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya menyatakan akan menunjuk dirut dan komut baru Garuda. Selain dirut dan komut, di kalangan pelaku pasar juga merebak kabar nama wakil direktur utama dan wakil komisaris utama Garuda.

Nama wakil dirut yang disebut-sebut pelaku pasar adalah Dony Oskaria yang pernah menjabat sebagai komisaris di perseroan. Kemudian nama wakomut disebut-sebut akan dijabat oleh Chairal Tanjung, selaku wakil dari pemegang saham.


CNBC Indonesia mencoba mengonfirmasi hal ini kepada Kementerian BUMN selaku pemegang saham mayoritas. Hingga berita ini ditulis, pesan singkat yang disampaikan kepada Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, belum dibalas.

Arya sebelumnya mengatakan memang Irfan sudah beberapa kali berdiskusi dengan Kementerian BUMN. Namun Arya tidak menyebutkan detailnya. Irfan adalah mantan Direktur Utama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau PT INTI.

Hanya saja, yang pasti, Arya mengatakan sudah ada tiga calon Dirut Garuda yang akan dipilih untuk disahkan dalam RUPSLB Garuda pada 22 Januari 2020 nanti.

"Belum tahu berapa kali...Ya mungkin ngobrol-ngobrol biasa. Belum tahu penempatannya di mana," ujar Arya di Jakarta, Senin (13/1/2020).

Sementara Menteri BUMN, Erick Thohir, menyatakan sudah memegang nama-nama Direktur Utama dan Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) dan akan diproses dalam Tim Penilai Akhir (TPA).

"Ya memang kan ada beberapa yang penyegaran. Saya rasa garuda kita lagi review, kita lagi ajukan, kita tunggu saja. Kalau proses TPA kan selalu untuk dirut komut pasti ada pilihan nggak sendiri," kata Erick di kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Erick mengatakan, ada tiga calon dirut dan komut Garuda yang diproses oleh Jokowi.

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading