Roundup

Jokowi Semprit Saham Gorengan, Bukopin Bakal Rights Issue

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
06 January 2020 08:26
Aksi emiten sepanjang pekan lalu.

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan lalu Jumat (3/1/2020) ditutup menguat 0,64% ke level 6.323,47.

Kinerja IHSG tersebut berbanding terbalik dengan mayoritas bursa saham utama kawasan Asia yang justru bergerak di zona merah: indeks Shanghai turun 0,05%, indeks Hang Seng melemah 0,32%, dan indeks Straits Times terkoreksi 0,5%. Untuk diketahui, perdagangan di bursa saham Jepang diliburkan pada perdagangan hari tersebut.

Terdapat beberapa aksi emiten yang layak disimak untuk dijadikan pertimbangan dalam berinvestasi untuk hari ini, Senin (6/1/2020).




1. Lagi, BRI Suntik Modal BRI Ventures Rp 500 M
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menyuntik dana kepada modal ventura miliknya, PT BRI Ventura Investama (BRI Ventures) senilai Rp 500 miliar. Dengan begitu porsi kepemilikan BRI di BRI Ventures setelah suntikan modal ini menjadi 99,97%.

"Perusahaan sudah mendapatkan izin dewan komisaris BRI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehubungan dengan penyertaan modal pada BRI Ventures melalui setoran tunai sebesar Rp 500 miliar," dikutip dari keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (03/01/2020).


2. Bakal Rights Issue Maret 2020, Ini Target Dana Bukopin
PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) bersiap melakukan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD)/rights issue pada Maret 2020. Perseroan akan menawarkan sebanyak-banyaknya sebesar 4,66 miliar saham kelas B dengan nilai nominal Rp 100 per saham.

Dalam prospektus yang disampaikan dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), setiap pemegang saham BBKP berhak mendapatkan 2 HMETD. Masing-masing HMETD bisa di-exercise untuk menjadi sebuah saham seri B dari BBKP.



3. Giliran TINS Gelar RUPSLB, Mau Rombak Direksi Lagi Pak Erick?
PT Timah Tbk (TINS) mengumumkan akan melaksanakan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 10 Februari 2020. Rencana tersebut disampaikan perseroan dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Namun dalam pengumuman tersebut tidak disebutkan agenda dalam RUPSLB.


4. Terdampak Banjir, Enam Kantor Cabang BCA Tutup Sementara
PT Bank Central Asia Tbk (BBCA/BCA) menyebutkan enam kantor cabangnya tak dapat beroperasi sebagai dampak dari banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya sejak Selasa (1/1/2019).

Berdasarkan informasi dari website resmi perusahaan, enam cabang tersebut mulai tak beroperasi Jumat (3/1/2019) pagi pukul 09.00 WIB.


5. Timur Tengah Membara! Saham MEDC & ELSA Langsung Melesat
Harga saham dua emiten minyak dan gas (migas) di Bursa Efek Indonesia (BEI) mendadak melesat pada perdagangan sesi I, Jumat (3/1/2020) seiring dengan kenaikan harga minyak mentah dunia pada hari yang sama.

Data BEI mencatat, saham PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) melesat 7,19% di level Rp 890/saham pada pukul 11.04 WIB. Asing tercatat masuk ke saham ini mencapai Rp 1,52 miliar.

Sementara saham PT Elnusa Tbk (ELSA) juga naik 3,31% di level Rp 312/saham. Tapi asing justru keluar di saham ini Rp 687 juta sehingga penguatan harga saham emiten anak dari PT Pertamina (Persero) ini hanya ditopang investor lokal.


6. 2 Anak Usaha Pelindo II Siap IPO Tahun Ini, PTP & IPC TPK
BUMN pelabuhan, Indonesia Port Corporation (IPC) atau PT Pelindo II (Persero) mengungkapkan siap melepas dua anak usahanya untuk tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun ini, diundur dari agenda sebelumnya pada tahun lalu, melalui mekanisme penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO).

Dua anak usaha tersebut yakni PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) dan PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK). Kendati belum detail kapan dua anak usaha ini akan IPO di papan perdagangan BEI.


7. Jokowi Semprit Saham Gorengan, tapi RODA Naik 20%
Harga saham emiten properti PT Pikko Land Tbk (RODA) melambung tinggi pada sesi pertama perdagangan Jumat (3/01/2020).

Saham perusahaan dengan kode RODA ini terpantau menguat 20,90% ke level Rp 81 per saham atau naik 14 poin dari posisi pembukaan perdagangan Rp 67 per saham.

Saham RODA ditransaksikan sebanyak 39,97 juta lot dengan frekuensi sebanyak 2.383 kali yang menghasilkan transaksi Rp 3,24 miliar.


8. Pool Taksi Blue Bird Dilanda Banjir, Saham BIRD Malah Melesat
Operator taksi PT Blue Bird Tbk. (BIRD) menyebutkan operasional armada taksi milik perusahaan tetap berjalan dengan normal kendati banjir masih terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya, ditambah dengan adanya pool taksi yang tak beroperasi.

Head of Investor Relation Blue Bird Michael Tene mengatakan perusahaan telah melakukan penyesuaian operasional menyusul terendamnya pool taksi yang berlokasi di Kramatjati, Jakarta Timur. Pemesanan taksi juga dipastikan dapat dilakukan seperti biasa dengan channel pemesanan yang ada.

Namun pada awal perdagangan Jumat lalu, saham BIRD naik. Sepekan terakhir, saham BIRD naik 6,32%.

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading