Harga CPO Meroket 5% Pekan Ini, Gara-gara Program Jokowi?

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
28 December 2019 10:54
Bahkan harga salah satu komoditas utama ekspor Indonesia ini sudah menembus level psikologis MYR 3.000/metrik ton.
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga komoditas minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) menggila pekan ini. Bahkan harga salah satu komoditas utama ekspor Indonesia ini sudah menembus level psikologis MYR 3.000/metrik ton.

Dalam seminggu ini, harga CPO di Bursa Malaysia melonjak 5,53%. Pada penutupan kemarin, harga CPO berada di MYR 3.073/metrik ton, tertinggi sejak 25 Januari 2017 atau hampir tiga tahun lalu.

 


Kenaikan harga CPO sepertinya didukung oleh fundamental yang kuat. Dari sisi pasokan, ada kekhawatiran bakal berkurang karena menipisnya stok Malaysia.

Survei Reuters menunjukkan, stok CPO Negeri Harimau Malaya pada November turun 5,7% dibandingkan bulan sebelumnya menjadi 2,22 juta metrik ton. Ini adalah stok terendah sejak Juli 2018.

Sementara produksi CPO Malaysia pada November diramal anjlok 10,4% month-on-month (MoM) menjadi 1,61 juta metrik ton. Penurunan 10,4% adalah yang terdalam sejak Februari, di mana kala itu produksi amblas sampai 11%.

Kemudian ekspor CPO Malaysia pada November diproyeksi turun 5,2% secara bulanan menjadi 1,56 juta metrik ton. "Ekspor CPO Malaysia ke China sebenarnya masih naik 56% MoM. Namun ini terhapus karena penurunan ekspor ke Uni Eropa, India, dan Afrika," sebut Ivy Ng, Regional Head of Plantation Research CIMB Investment Bank, dalam risetnya.

James Fry, Managing Director LMC International yang berbasis di Inggris, memperkirakan produksi CPO akan terus melambat. Penyebabnya adalah iklim yang cenderung kering dan penggunaan pupuk yang lebih sedikit.

"Ditambah lagi ada tekanan dari berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk menghentikan penanaman kelapa sawit. Ini menambah tekanan yang membuat penanaman berkurang. Akibatnya, produksi CPO akan berkurang sehingga harga bisa terus naik," kata Fry dalam konferensi kelapa sawit yang berlangsung di Kuala Lumpur (Malaysia) bulan lalu, seperti diberitakan Reuters.



Program Jokowi Bikin Permintaan CPO Tinggi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading