BUMN Pastikan Arcandra Tahar Jadi Komut PGN

Market - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
19 December 2019 20:23
Kementerian BUMN pastikan Arcandra Tahar balik ke sektor migas, jadi Komisaris Utama PGN
Jakarta, CNBC Indonesia - Mantan wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dipastikan akan menjadi Komisaris Utama PT. PGN Tbk. Hal ini diungkapkan oleh staf khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga.

"Kan dia komisaris di PGN. Komisaris utama. Itu kita usulkan," kata Arya ketika ditanya siapa yang bakal menjabat Komisaris utama PGN di Kementerian BUMN, Kamis sore (19/12/2019).




Dia menjelaskan penunjukkan Arcandra karena sudah memiliki track record yang baik. Bukan hanya di dalam negeri, namun dinilai sudah teruji di berbagai perusahaan migas luar negeri.

"Pernah jadi Wamen dan tau (bidang) energi, di Amerika (Serikat) jagoan konsultan, dia paham betul," tegas Arya.

[Gambas:Video CNBC]



Sebelumnya, Arcandra adalah Wamen ESDM periode Oktober 2016-Oktober 2019 dan Menteri ESDM  selama dua bulan periode Juli 2016-Agustus 2016. Masa jabatannya singkat saja waktu itu sebagai menteri karena dia tersandung kasus ganda kewarganegaraan. Meski begitu, dia juga dinilai memiliki track record baik di banyak perusahaan.

Karir terakhirnya sebelum pulang ke Indonesia adalah ketika bekerja sebagai Direktur Asia Offshore Consulting Llc dan Presiden Petroneering Consulting Houston di Petroneering, konsultan penambangan minyak lepas pantai.

Namun, waktu resmi Arcandra bakal ditetapkan sebagai Wamen BUMN adalah saat RUPS LB mendatang yakni di tanggal 21 Januari 2020. Dalam RUPSLB ini ada agenda pergantian direksi dan komisaris.


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading