Korea Tak Punya Tambang Migas, Tapi Bisa Cuan Besar dari Kpop

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
15 December 2019 20:33
Jakarta, CNBC Indonesia - Daya Tarik Korean Pop (K-pop) begitu luar biasa yang merupakan industri musik Korea Selatan. Kpop identik dengan grup boyband atau girlband yang beranggotakan banyak member, musik yang up-beat dan tarian mereka yang enerjik.


Kpopers di Indonesia sendiri sudah bukan hal yang baru lagi terutama bagi anak muda. Penggemar K-pop sendiri biasanya disebut dengan Kpopers. Mulai dari Super Junior, SNSD, EXO, BTS, Twice, Sistar, NCT Dream dan masih banyak lagi grup Kpop lainnya yang tentu saja sangat diidolakan anak- anak muda hampir di seluruh dunia.

Di Korea Selatan, K-pop bukan sekadar musik atau hiburan. K-pop adalah industri dan artis K-pop layaknya komoditas sehingga betul-betul jadi perhatian pemerintah. Perhatian tersebut membuahkan hasil hingga musik K-pop mampu menembus pasar Asia hingga negeri asal mula musik pop yakni Amerika Serikat (AS).

Grup Musik BTS bahkan tahun ini sudah mulai tampil di acara musik paling bergengsi di AS yakni Grammy Award, sungguh sesuatu yang langka bukan. Melansir data Forbes, pada tahun 2017 industri Kpop menyumbang US$ 5 miliar atau Rp 70 triliun (kurs Rp 14.000) ke sektor industri.




Pada tahun 2018 grup boy band BTS bahkan berkontribusi hingga US$ 3,6 atau Rp 50,4 triliun dengan kurs yang sama ke industri musik Korea. Hal ini disebabkan grup boyband tersebut berhasil menembus rekor Billboard 200 selama lima hari berturut-turut.

Bursa efek Korea pun menghijau karena para investor berbondong-bondong memboyong saham perusahaan entertainment. Di Korea, perusahaan hiburan rata-rata memang sudah melantai di bursa efek.

Besarnya pendapatan grup musik Kpop tersebut tidak lepas dari fans fanatik yang tidak segan merogoh kocek dalam-dalam demi memenuhi hasrat mereka yang terbilang angkanya tidak kecil, mulai dari mengoleksi pernak-pernik, membeli musik digital di internet, hingga mendatangi konser ke manca negara dilakukan.

Antusiame Kpopers tersebut juga berdampak terhadap jumlah kunjungan wisata ke Korea Selatan. Menurut Korea Tourism Organization jumlah wisatawan asal indonesia mencapai 98.000 orang per Agustus 2019.

[Gambas:Video CNBC]

Trans Media Sukses Meriahkan HUT Dengan artis K-pop
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading