Korea Tak Punya Tambang Migas, Tapi Bisa Cuan Besar dari Kpop

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
15 December 2019 20:33
Kpop punya arti sendiri buat Korea Selatan, bukan sekedar hiburan tapi juga sumber pendapatan
Malam ini tepat hari kedua perayaan HUT Transmedia ke-18 dengan tema Miracle 18th yang terkonsentrasi di Trans Studio Cibubur dan Trans studio Bali.

Di perayaan hari kedua ini, Minggu malam (15/12/2019) akan dimeriahkan oleh penampilan 
boyband asal Korea Selatan, EXO yang tentunya sangat ditunggu-tunggu. Sebelumnya pada hari Sabtu (14/12/2019), Transmedia juga dimeriahkan oleh artis K-pop lainnya yakni NCT Dream.

Seperti diketahui pada 21 Februari tahun ini PT Trans Media Corpora meneken Head of Agreements (HoA) dengan raja industri Kpop Korea Selatan, SM Entertainment untuk kolaborasi industri hiburan Korea-Indonesia.


Lewat kerja sama ini SM dan Trans Media akan mengembangkan industri Indonesian Pop (I-pop) untuk promosi budaya Indonesia ke pentas dunia. Kedua perusahaan raksasa ini akan kerja sama mengembangkan talenta lokal dan konten berkualitas internasional.

SM yang merupakan salah satu pelopor Korean Wave dan berpengalaman tingkat dunia akan berbagi pengalaman dalam implementasi manajemen mereka melahirkan artis artis Kpop dunia, mulai dari seleksi peran, pelatihan, produksi, marketing, dan talent management.

Korean Wave sendiri merupakan gelombang Korea yang diam-diam jadi penyelamat ekonomi negara tersebut pasca-terkena krisis pada 1997. Saat industri lainnya loyo, kecintaan orang-orang Korea akan drama dan musik membuat industri ini bertahan.

Sisi gilanya, para pendiri perusahaan hiburan kemudian mempunya obsesi kuasai industri hiburan global dengan pertama-tama mencoba menembus pasar Jepang.


Karena keberhasilan tersebut, pada tahun 2008 Pemerintah Korea Selatan membentuk departemen khusus promosi K-pop ke dunia internasional, berada di bawah Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata.

Satu tahun dibentuk, K-pop pun benar-benar go global. Tahun 2009 lahir beberapa lagu yang jadi pendobrak K-pop ke kancah internasional, seperti Sorry-Sorry dari Super Junior, Nobody dari Wonder Girls, Gee dari SNSD, dan lainnya.


(yam/yam)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading