Internasional

Waspada, AS-China Belum Sepenuhnya Mesra!

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
13 December 2019 14:25
Jakarta, CNBC Indonesia - Hubungan dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China mulai membaik pada Jumat (13/12/2019). Ini terjadi setelah kedua negara sama-sama mengambil tindakan untuk meredakan perang dagang mereka yang sudah berlangsung selama hampir dua tahun.

Pemerintah China dikabarkan setuju untuk meningkatkan jumlah pembelian produk pertanian dari AS pada tahun 2020, menjadi sebanyak US$ 50 miliar. Jumlah itu dua kali lipat lebih besar dari total pembelian China pada tahun 2017, yaitu US$ 24 miliar, mengutip data Departemen Pertanian AS (USDA).


Langkah China itu merupakan imbalan yang mereka berikan untuk pemerintah AS yang telah lebih dulu dikabarkan setuju untuk menangguhkan pengenaan tarif pada barang-barang China senilai US$ 160 miliar, yang rencananya akan dikenakan pada 15 Desember mendatang.

Kabar baik ini merupakan angin segar bagi pelaku pasar di seluruh dunia, mengingat belakangan ini ketegangan dagang antar kedua negara terus mengalami pasang surut dan semakin tidak jelas.

Namun sayangnya, menurut Menteri Luar Negeri China Wang Yi, hubungan dagang AS-China belum sepenuhnya membaik. Kedua negara masih memiliki masalah mendalam yang perlu diatasi dan diselesaikan.




Video: Angin Sengar Deal Dagang AS-China Berhembus

[Gambas:Video CNBC]



Hong Kong & Uighur, Penyebab 'Bara' Masih Ada
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading