BCA Sudah Caplok 2 Bank dalam Setahun

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
11 December 2019 18:11
BCA Sudah Caplok 2 Bank dalam Setahun
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam satu tahun, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sudah mengakuisisi dua bank. Hari ini, Rabu (11/12/2019), BCA resmi mengakuisisi PT Rabobank Indonesia setelah April lalu, BCA juga mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia.

Hari ini melalui keterangan resmi, PT Rabobank Indonesia mengumumkan kesepakatan diakuisisi oleh BCA, kesepakatan tersebut merupakan bagian dari rencana Rabobank menghentikan operasi di Indonesia.


Akuisisi ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian jual beli bersyarat (conditional sales purchase agreement/CSPA) antara kedua pihak pada 11 Desember 2019, namun masih harus mendapat persetujuan OJK.

"Fokus kami semata-mata adalah memastikan transisi semulus mungkin bagi semua pihak, khususnya klien dan staf kami, selama proses penghentian operasi. Bersamaan, pemegang saham kami didekati oleh beberapa pihak yang berkepentingan dan akhirnya mencapai kesepakatan dengan BCA. Kami juga percaya bahwa memiliki BCA dalam gambar akan lebih memungkinkan transisi yang lancar untuk semua, "kata Wakil Presiden Direktur Rabobank Indonesia, Soemenggrie Jongkamto.


April lalu, BCA mengumumkan secara resmi mengakuisisi Bank Royal Indonesia. Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 16 April 2019, BCA dan anak usahanya BCA Finance sudah membeli seluruh saham PT Bank Royal Indonesia dari PT Royalindo Investa Wijaya, Leslie Soemadi, Ibrahim Soemadi, Nevin Soemadi, dan Ko Sugiarto.

Dalam keterangan yang ditandatangani Sekretaris Perusahaan BCA Jan Hendra, BCA dan BCA Finance akan membeli sebanyak 2,872 juta saham Bank Royal yang mewakili seluruh modal yang telah ditempatkan dan disetor para penjual dalam Bank Royal. Transaksi akuisisi Bank Royal ini mencapai Rp 1,01 triliun dan transaksi ini tidak termasuk dalam transaksi material.

Adapun tujuan aksi korporasi ini ialah untuk mendukung program arsitektur perbankan Indonesia dan mengembangkan bisnis perbankan perseroan. Manajemen BCA menjelaskan, Bank Royal akan menjadi entitas anak perusahaan yang baru di mana perseroan dan Bank Royal akan mengembangkan bisnis dan fokus di layanan perbankan atau segmen tertentu.

"Melalui entitas yang terpisah perseroan akan menawarkan diferensiasi atas suatu produk dan layanan perbankan secara jelas." demikian kata Manajemen BCA dalam keterbukaan BEI. (hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading